KENDARIPOS.CO.ID– Sultra Cerdas menjadi salah satu program unggulan Ali Mazi-Lukman Abunawas (AMAN). Program ini tak hanya membenahi sarana dan prasana pendidikan, namun juga perlengkapan belajar mengajar termasuk beasiswa tiap jenjang. Khusus untuk beasiswa perguruan tinggi, Pemprov Sultra telah mengalokasikan anggaran sebesar Rp 585 juta.

Kepala Biro Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Setprov Sultra, Beangga Harianto mengatakan program Sultra Cerdas jenjang perguruan tinggi telah dialihkan ke lembaganya yang dipimpinnya mulai tahun 2021. Sebelumnya, program ini melekat di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Sultra.
Tahun 2021 ini sambungnya, anggarannya diperuntukan mahasiswa S1 dan S2. Secara keseluruhan, beasiswa Sultra Cerdas sebesar Rp 585 juta.

“Jumlah penerimanya 50 orang. Terdiri dari 40 mahasiswa jenjang S1 dan 10 mahasiswa program magister. Untuk S3 tidak masuk dalam anggaran ini. Yang jelas, untuk Biro kesra khusus S1 dan S2 saja,” jelasnya, Selasa (9/3).K

Besaran beasiswa Sultra Cerdas kata mantan Kepala Biro (Karo) Umum ini, bervariasi. Untuk jenjang pendidikan S1 nominalnya Rp 7 juta perorang. Sementara S2 sebesar Rp 15 juta perorang. “Beasiswa ini merupakan bentuk investasi Sultra kedepan. Bagaimana pemerintah mempersiapkan generasi-generasi unggul dan berprestasi. Kita berharap Sultra Serdas dapat merekrut putra-putri terbaik, untuk 5 sampai 10 tahunan kedepan,” ungkapnya.

Prosedur penerimaan Sultra Cerdas lanjutnya, masih sama seperti tahun-tahun sebelumnya. Di mana masih merujuk aturan yang ada di Dikbud Sultra. “Jadi prosedur dan aturannya masih sama. Lag ipula kita juga baru dialihkan tahun ini, sehingga dalam prosedurnya di lapangan kita tetap berkoordinasi dengan Dikbud Sultra, ” pungkasnya. (c/rah)