KENDARIPOS.CO.ID — Usai berkunjung ke Bupati Buton, tim safari jurnalistik Kendari Posmelanjutkan perjalanan ke Kota Baubau. Tim safari yagn dipimpin Direktur Kendari Pos, La Ode Diada Nebansi itu bersilaturahmi dengan Wali Kota Baubau, AS Tamrin.

Wali Kota Baubau, AS Tamrin (dua kiri), Direktur Kendari Pos La Ode Diada Nebansi (dua kanan), Direktur Kendarinews.com Awal Nurjadin (kiri) usai diskusi tentang pembangunn Kota Baubau, Selasa (16/3) malam.

Perkembangan Kota Baubau saat ini tak lepas dari polesan tangan dingin Wali Kota Baubau, AS Tamrin. Dia membangun daerah tak hanya mengandalkan inovasi dan anggaran semata. Namun pembangunan dibarengi dengan nilai-nilai budaya falsafah Buton PO5 sebagai dasar dalam menjalankan roda pemerintahan.

PO5 merupakan akronim dari nilai-nilai budaya masyarakat Buton yaitu, popia-piara (saling memelihara), pomamasiaka (saling menyayangi), poangka-angkataka (saling mengangkat harkat), pomae-maeakan (saling menghargai) dan pobinci-binci kuli (toleransi).

Nilai-nilai itu mengandung makna yang universal dan sejalan dengan nilai-nilai Pancasila dan religius. Makanya, sebenarnya nilai-nilai PO5 tidak hanya menjadi pedoman masyarakat Buton namun semangat itu bisa diadopsi dan diamalkan oleh seluruh masyarakat Sultra.

“PO5 adalah nilai-nilai budaya lokal yang universal yang sejalan dengan Pancasila dan nilai-nilai agama. Sebuah falsafah rasa yang harus kita jaga dan tanamkan pada seluruh lapisan masyarakat,” kata AS Tamrin saat menyambut kedatangan tim safari jurnalistik Kendari Pos , Selasa (16/3) malam.

Landasan ideologi PO5 adalah Pancasila. Landasan filosofisnya adalah sarapataanguna. Kemudian landasan operasionalnya adalah revolusi mental. Nilai-nilai itu adalah warisan leluhur masyarakat Buton yang dikemas dalam Martabat Tujuh (Landasan Undang-Undang Kesultanan Buton, red) dalam nomenklatur Sarapataanguna.

“Jadi nilai-nilai dan semangat PO5 ini telah dikenal luas. Bukan hanya di zajirah Buton dan Sultra. Tapi juga telah dimuat dalam jurnal internasional,” tutup Walikota Baubau dua periode itu.

Sementara itu, Direktur Kendari Pos, La Ode Diada Nebansi mengatakan Kendari Pos sangat mengapresiasi semangat Wali Kota Baubau AS Tamrin yang menjalankan roda pemerintahan berlandaskan nilai-nilai luhur budaya lokal, PO5. “Ini adalah langkah tepat dalam menjaga karakter anak bangsa. Sehingga tercipta sebuah kondisi masyarakat aman dan damai,” ujarnya.

La Ode Diada Nebansi menuturkan inovasi konvergensi media yang dilakukan Kendari Pos sebagai bentuk adaptasi akan perkembangan teknologi saat ini. Kendari Pos menyajikan pemberitaan melalui berbagai platform. Yakni kendaripos.co.id, kendarinews.com, update news, kanal youtube Kendari Pos Channel dam koran Kendari Pos. “Koran Kendari Pos ini adalah core utama dari bisnis kami,” ungkap mantan Pemimpin Redaksi Kendari Pos itu. (ahi/c)