Baterai Mata Jadi Wisata Sejarah, Wali Kota Kendari : Perlahan Kita Akan Revitalisasi – Kendari Pos
Nasional

Baterai Mata Jadi Wisata Sejarah, Wali Kota Kendari : Perlahan Kita Akan Revitalisasi


KENDARIPOS.CO.ID — Pemerintah Kota Kendari menetapkan Baterai Mata sebagai salah cagar budaya. Itu tertuang dalam Surat Keputusan (SK) Wali Kota Kendari nomor 148 tahun 2021. Penetapan cagar budaya baru menambah kekayaan budaya sejarah Kota Kendari. Wali Kota Kendari Sulkarnain Kadir, mengatakan penetapan baterai mata sebagai salah satu cagar budaya untuk memelihara dan melestarikan situs-situs bersejarah. “Cagar budaya ini dapat menjadi sarana informasi bagi generasi kita ke depan tentang Kota Kendari dan sejarahnya,” kata Sulkarnain Kadir, kemarin.

Personel gabungan TNI/Polri dan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Kendari saat membersihkan cagar budaya Baterai Mata. Pemkot Kendari menjadikan Baterai Mata sebagai salah satu destinasi wisata sejarah di Kota Kendari.

Pemkot mendedikasikan Baterai Mata sebagai sebagai spot wisata sejarah di Kota Kendari. “Kawasan itu (Baterai Mata) perlahan kita akan revitalisasi, kita akan pugar semenarik mungkin tanpa menghilangkan nilai sejarahnya. Saya yakin setelah kita tata dengan baik, kawasan ini akan menarik perhatian banyak orang. Nantinya, akan banyak pilihan, mau ke Pantai bisa, mau ke wisata Jembatan juga ada, wisata kuliner dan wisata sejarah ini juga ada,” kata Sulkarnain Kadir.

Terpisah, Putera Kerajaan Laiwoi Endry Irwan Tekaka menyambut baik penetapan Baterai Mata sebagai salah satu cagar budaya Kota Kendari. Menurutnya, kebijakan tersebut sangat tepat dalam rangka upaya menjaga dan melestarikan peninggalan bersejarah Kota Kendari.

Endry berharap, penetapan cagar budaya baru ini menjadi titik mula untuk penetapan tinggalan sejarah lainnya. “Kami sangat mendukung upaya ini. Supaya peninggalan sejarah kita bisa tetap terawat dan lestari. Bisa jadi sarana edukasi untuk generasi penerus Kota Kendari,” pungkasnya. (ags/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy