Bangun Jalan di Pulau Wangi-wangi, Pemkab Wakatobi Alokasikan Rp 10 Miliar – Kendari Pos
Wakatobi

Bangun Jalan di Pulau Wangi-wangi, Pemkab Wakatobi Alokasikan Rp 10 Miliar

KENDARIPOS.CO.ID — Tahun 2020 lalu dana alokasi khusus (DAK) yang diplot untuk Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Wakatobi, direfocusing. Pada 2021 ini, Pemerintah Pusat memberikan jatah sebesar Rp 28 miliar. Pemanfaatan anggaran tersebut difokuskan untuk membangun sejumlah ruas jalan pada beberapa pulau. Paling prioritas di Kaledupa, Binongko hingga satu kegiatan di Pulau Wangi-wangi.

Pembangunan jalan kabupaten di Pulau Wangi-wangi memang merupakan rekomendasi dari Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI sebagian kewajiban yang harus ditunaikan Pemkab Wakatobi melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) pada tahun 2021 ini. Pasalnya kegiatan tersebut seharusnya dapat terealisasi tahun lalu, namun pekerjaannya terpaksa ditunda. Alhasil, DAK tahun ini, Dinas PUPR Wakatobi harus menuntaskan pembangunan tersebut.

Sekitar Rp 10 miliar diporsikan untuk pembangunan jalan kabupaten di ibu kota Wakatobi itu. Sementara anggaran lainnya untuk Pulau Kaledupa dan Binongko yang juga harus dikerjakan tahun ini. “Total DAK sekitar Rp 28 miliar, fokus pada pembangunan jalan di tiga pulau. Kalau di Tomia ada program hibah jalan daerah (PHJD) dan dana alokasi umum tahun ini,” terang Kepala Dinas PUPR Wakatobi, Kamarudin, . Ia mengakui, untuk pembenahan status jalan kabupaten, pemerintah memang masih memiliki pekerjaan berat. Dari keseluruhan jalan kabupaten di Wakatobi sepanjang 492,77 kilometer, sekitar 46 persennya masih dalam kondisi belum mantap.

“Jalan kabupaten di Pulau Wangi-wangi ini panjangnya 198,985 kilometer. Dari panjang ini yang kondisi baiknya sebanyak 44,4 persen dan sedang baru 6,70 persen. Kondisi mantapnya itu baru 51 persen,” terangnya. Jika tahun ini pekerjaan jalan melalui DAK tersebut terlaksana dengan baik, maka akan mempengaruhi kondisi jalan mantap di Wangi-wangi. “Makanya memang untuk jalan kita masih memiliki pekerjaan berat. Apalagi kita tahu bersama bahwa kita dibatasi anggaran. Tapi kami berharap tahun depan ada lagi pembangunan jalan, utamanya di Pulau Binongko yang jauh lebih banyak,” harap Kamarudin. (c/thy)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy