KENDARIPOS.CO.ID — Bawaslu Sultra memberikan penghargaan terbaik ke Bawaslu Konut atas pelaporan sistem pengawasan pemilu (Siwaslu) saat Pilkada serentak 2020 lalu. Penghargaan itu akan dijadikan pemantik spirit untuk berupaya menjadi lebih baik dalam hajatan demokrasi di masa mendatang.

Anggota Bawaslu Sultra Munsir Salam (kanan) menyerahkan penghargaan kepada Ketua Bawaslu Konut, Burhan (kedua dari kanan), didampingi anggota
Bawaslu, Abd Makmur dan Hartian

Pernyataan itu disampaikan Koordinator Divisi PHL Bawaslu Konut, Abd Makmur. Katanya, penghargaan ini tak lepas dari kerja keras dan soliditas semua jajaran ad hoc, sebagai ujung tombak pengawasan Bawaslu Konut.

Penghargaan yang diberikan Bawaslu Sultra merupakan suatu keberhasilan dari strategi Bawaslu Konut dalam melakukan pelaporan secara berjenjang. Meskipun dihadapkan banyak kendala di lapangan, Di antaranya persolan jaringan telekomunikasi yang belum menyentuh secara merata di beberapa kecamatan di Konut.

Tetapi dengan semangat para pengawas pemilu di tingkat kecamatan dan desa, dalam melakukan pelaporan, menjadikan spirit dalam menjalankan tugas negara demi menjaga kedaulatan rakyat dalam melaksanakan pesta demokrasi di Bumi Oheo.

“Intinya bahwa Bawaslu Konut mampu melaporkan situasi pemilihan bupati dan wakil bupati Konut pada hari pemungutan suara secara cepat dan akurat. Indikatornya adalah angka penyampaian laporan tertinggi melalui sistem aplikasi yang disebut Siwaslu pada pengawasan pemungutan dan penghitungan suara,”pungkasnya. (min/b)