KENDARIPOS.CO.ID — Dukungan Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Sultra di Pilkada Kolaka Utara (Kolut) mengarah ke Wakil Bupati (Wabup) Kolut H. Abbas. Meski begitu Abbas bergeming dan berdalih masih mempelajari situasi politik daerah.

Wabup Kolut Abbas (dua kiri) usai terpilih memimpin DPC PKB Kolut 2021-2026

Sekalipun mendapat dukungan DPW, kata Abbas keputusan final tentang figur yang didorong tarung Pilkada, diserahkan kepada pengurus Dewan Pimpinan Cabang (DPC). “DPC dianggap lebih mengetahui situasi dan kondisi wilayah pemenangan masing-masing,” kata Abbas usai terpilih sebagai ketua DPC PKB Kolut periode 2021-2026 melalui Musyawarah Cabang (Muscab), kemarin (14/3).

Abbas optimis bisa mendorong kebangkitan partai di Kolut. Tahun 2024, ia berupaya menambah perolehan kursi parlemen. “Soal target tambahan kursi tentu kita semua mengupayakan, karena hal itu juga menjadi salah satu tuntutan dalam Muscab,” katanya.

Ia belum mau menyebutkan berapa kursi yang yang akan diincar di parlemen Kolut. Yang jelas, ia bersama kader akan berupaya semaksimal mungkin mengorbit calon yang diyakini terbaik yang berpeluang menambah perwakilan di DPRD Kolut.

Abbas meminta kader dan pengurus DPC PKB Kolut agar lebih meningkatkan kepekaan terhadap masyarakat. PKB diminta selalu hadir dalam setiap isu dan persoalan di masyarakat. Setidaknya partai menjadi wadah atau pemberi solusi. “PKB harus selalu tampil yang pertama dan memberikan solusi di tengah-tengah persoalan yang dihadapi masyarakat. Itu yang paling utama,” pungkasnya. (rus/b)