KENDARIPOS.CO.ID — Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Konawe Utara (Konut) mengidentifikasi, ada 41 kepala desa (Kades) yang masa jabatannya berakhir pada bulan Mei hingga Agustus 2021.Tentunya, dengan akhir masa jabatan (AMJ) tersebut, posisi kepala pemerintahan di wilayah itu akan diisi Penjabat Kades. “Usai masa jabatan kepala desa berakhir, langsung diproses pelaksana jabatannya yang diusul oleh Pemerintah Kecamatan. Karena berdasarkan aturan perundang-undangan, Pj itu dijabat oleh Aparatur Sipil Negara (ASN),” ujar Kabid Pemdes DPMD Konut, Sukarjo.

Biasanya, Pemerintah Kecamatan mengusulkan nama-nama calon Pj yang diteruskan pada DPMD untuk selanjutnya diserahkan pada Bupati Konawe Utara, Ruksamin. “Usulan itu bisa dari instansi kecamatan atau instansi lain yang memiliki latar belakang pemerintahan. Sehingga bisa diusulkan untuk menjadi calon pejabat kepala desa yang telah berakhir masa jabatannya,” ulang Sukarjo, menegaskan.

Usulan Pemerintah Kecamatan akan menjadi bahan pertimbangan pimpinan daerah dalam menunjuk siapa yang akan menduduki posisi pejabat sementara kepala desa. “Kita sebagai instansi teknis hanya menerima disposisi dari pimpinan. Sesuai dengan pertimbangan teknis yang diberikan. Tapi semua itu terpulang pada bupati yang memiliki kewenangan, siapa yang akan ditunjuk sebagai Pj kepala desa,” pungkasnya. (c/min)