Rektor UHO, Prof. Dr. Muh. Zamrun Firihu, M.Si., M.Sc.

KENDARIPOS.CO.ID— Mendukung langkah pemerin­tah dalam upaya percepatan vaksi­nasi, Universitas Halu Oleo (UHO) meluncurkan penerimaan vaksin bagi para pejabat teras lingkup kampus hijau tersebut, pekan lalu.

Rektor UHO, Prof. Dr. Muh. Zamrun Firihu, M.Si., M.Sc., mengungkapkan kegiatan vaksin merupakan wujud insan akade­mika untuk mendukung kebijakan pemerintah pusat. Dimana pro­gram vaksinasi ini bisa diperoleh seluruh elemen masyarakat dalam rangka menekan penyebaran Covid-19.

“Vaksinasi adalah sebagai bentuk dukungan kami terhadap peraturan dari pemerintah pusat. Artinya apa yang menjadi keingi­nan serta arahan dari pimpinan tertinggi, itu harus diikuti. Vaksin ini, merupakan sebuah langkah paling kongrit yang bisa dilaku­kan, untuk mencegah penyebaran pandemi Covid-19,” ungkap Prof. Zamrun, usai meluncurkan pen­erimaan vaksin, akhir pekan lalu.

Sebagai tahap pertama, lanjut Prof Zamrun, yang menerima vaksin masih terbatas, hanya para pejabat tinggi saja, yang memang banyak melakukan interaksi langsung dengan banyak orang. Sehingga mereka sangat perlu diperioritaskan.

“Yang menerima vaksin ber­jumlah 40 orang yang terdiri dari para dekan dan wakil dekan 3, serta para pejabat penting lainnya. Sebenarnya kami sudah mengu­sulkan sebanyak 150 nama yang siap divaksin ke pemerintah kota, namun yang disetujui hanya 40 orang saja. Mengingat jumlah vak­sin untuk kota Kendari memang masih sangat terbatas,” paparnya.

“Tapi ke depannya kami akan mencoba mengusulkan ke pemerintah provinsi, lebih ban­yak lagi. Karena jumlah dosen di UHO mencapai 1800 orang, sehingga kami akan melakukan koordinasi dengan pemerintah. Setidaknya kami bisa dapatkan 1000 vaksin,” tambah Mantan Dekan FMIPA ini.

Diakuinya, vaksinasi ini meru­pakan hal yang wajib untuk dilakukan oleh sivitas akademika lingkup UHO, karena demi men­dukung langkah pemerintah untuk mencegah penyebaran pandemi Covid-19.

“Kami sangat mewajibkan mereka, bagi yang sudah tercatat namanya untuk menerima vaksin tahap pertama, dan bagi mereka yang belum untuk bersabar ter­lebih dahulu. Serta bagi mereka yang sudah berusia 60 tahun ke atas, ikami sarankan untuk melakukan vaksinasi di puskes­mas terdekat. Sehingga dalam hal ini, UHO sangat mendukung apa yang menjadi aturan pemerintah, dalam memerangi virus Corona,” tutup Rektor UHO yang mahir sejumlah bahasa asing ini. (Ilw/b)

HUMAS UHO FOR KENDARI POS
Rektor UHO, Prof.Dr. Muh. Zamrun F., M.Si., M.Sc., saat peluncuran penerimaan vaksinasi lingkup pejabat UHO, pekan lalu.