KENDARIPOS.CO.ID–DPR telah mengesahkan 33 Rancangan Undang-Undang (RUU) masuk dalam Program Legislasi Nasional (Prolegnas) Prioritas 2021 saat rapat paripurna DPR. Pengesahan ini menjadi kesepakatan antara pemerintah dan DPR menghapus RUU Pemilu dalam Prolegnas 2021.

Awalnya, Ketua Badan Legislasi (Baleg) Supratman Andi Agtas menyampaikan laporan terkait pembahasan prolegnas prioritas. Menurutnya, berdasarkan pendapat mini fraksi yang disampaikan juru bicara masing-masing fraksi, serta pendapat pemerintah dan Panitia Perancang Undang-undang (PPUU) DPD RI semuanya menyetujui 33 RUU masuk dalam Prolegnas Prioritas 2021.

“Jadi pada prinsipnya semua menyetujui hasil penyusunan prolegnas RUU prioritas tahun 2021 dan prolegnas RUU perubahan tahun 2020-2024 dengan beberapa fraksi yang memberikan persetujuan dengan catatan,” ujar Supratman, Selasa (23/3).

Setelah itu, Wakil Ketua DPR, Sufmi Dasco Ahmad selaku pimpinan sidang mempertanyakan kepada para anggota legislator, apakah menyetujui agar 33 RUU tersebut masuk ke dalam Prolegnas Prioritas 2021. “Untuk itu marilah kita bersama-sama mengambil keputusan dalam paripurna ini untuk kemudian kita dapat menyetujui laporan baleg terhadap Prolegnas prioritas 2021 apakah dapat kita setujui?” tanya Dasco. (jp)