KENDARIPOS.CO.ID — PDIP berjaya di Pilkada serentak 2020. Jagoan “Banteng” marengkuh singgasana bupati pada lima kabupaten dari tujuh kabupaten Pilkada. Kini “Banteng” mulai mempersiapkan diri untuk memperluas kekuasaan di parlemen. Tahun 2024 mendatang, PDIP mengincar dua kursi DPR RI, saat ini hanya memiliki satu kursi di senayan.

Agus Sana

Wakil Ketua PDIP Sultra Agus Sana mengatakan dengan sinergisitas kader bersama pendukung dan simpatisan PDIP, ia optimistis target tersebut dapat tercapai. “Dengan kerja-kerja politik maksimal dan strategi jitu yang diramu dengan baik, kami yakin misi tersebut bisa terealisasi,” jelasnya.

Selain itu, partainya menargetkan menambah jumlah perolehan kursi di DPRD 17 kabupaten/kota di Sultra. Sejauh ini PDIP punya 63 kursi di parlemen kabupaten/kota. Kedepan, pihaknya target menjadi 75 kursi. Agus Sana menambahkan, komitmen lainnya PDIP setiap fraksi minimal satu kursi. Yang nantinya akan memudahkan pergerakan politik pada agenda Pilkada maupun Pilgub. Kendati nanti membutuhkan koalisi namun tidak begitu sulit untuk mengejar hal tersebut.

DPRD provinsi, kata dia, kursi PDIP hanya lima. Pada pilcaleg mendatang menargetkan dua kursi setiap satu dapil. Tersedia enam dapil pilaceleg nanti. Jika terwujud, maka PDIP akan memperoleh 12 kursi. (agr/c)