Zulhas Belum Tetapkan Ketua PAN Konawe – Kendari Pos
Politik

Zulhas Belum Tetapkan Ketua PAN Konawe

KENDARIPOS.CO.ID — Kursi ketua DPD PAN Konawe masih kosong pasca Musyawarah Daerah (Musda) V yang digelar secara virtual. Sosok siapa yang memimpin PAN Konawe masih menunggu putusan Ketua Umum (Ketum) DPP PAN Zulkfili Hasan (Zulhas). Sedangkan kursi ketua DPD PAN Bombana periode 2021-2026 masih tetap dijabat Bupati Tafdil. Penentu ketua DPD PAN tahun ini domain DPP, berbeda dengan Musda sebelumnya yang ditentukan suara pengurus partai tingkat kecamatan.

“Penunjukan langsung oleh DPP tersebut untuk menghindari gesekan antar sesama kader, seperti yang sempat terjadi saat Kongres PAN, beberapa waktu lalu,” ungkap Zulkifli Hasan saat memimpin Musda PAN di Sultra. Dari 17 DPD PAN di Sultra, baru 16 kabupaten/kota yang sudah memiliki ketua terpilih hasil penunjukan Ketum DPP PAN. Konawe menjadi satu-satunya kabupaten di Bumi Anoa yang penunjukan ketua-nya masih dipending.

“Untuk Konawe, nanti kita berunding ulang. Kita bentuk dulu formaturnya yang terdiri dari enam orang. Masing-masing, Gusli Topan Sabara (Wabup Konawe), Samsul Ibrahim, Beni Setiadi Burhan, Nuryaddin Tombili, Sitti Nuryanti dan Devi Thesya Feriska Konggoasa,” katanya.

Sementara itu, Ketua DPD PAN Konawe domisioner, Gusli Topan Sabara, menuturkan, terkait penundaan penunjukan ketua DPD Konawe terpilih, hal itu akan dibahas lebih lanjut lewat mekanisme internal partai. Untuk itu, ia meminta seluruh kader PAN Konawe, tetap tenang dan tidak gegabah menyikapi keputusan DPP.

“Kita harus kompak untuk mempertahankan dominasi partai. Jangan dulu ada yang buat gerakan-gerakan tambahan yang tidak semestinya,” pinta mantan Ketua DPRD Konawe itu, dihadapan pengurus PAN setempat. Ia enggan berkomentar ihwal alasan DPP PAN menunda penunjukan ketua DPD PAN Konawe. Sebagai kader partai berlambang matahari terbit, ia hanya bisab patuh terhadap instruksi DPP.

Gusli Topan Sabara menyebut, tim formatur Musda tersebut akan mengusul kembali nama-nama calon Ketua DPD PAN Konawe ke DPP untuk dipilih. “Tadi Pak Ketum PAN (Zulkifli Hasan) sudah beri isyarat. Sehingga, kita akan bicarakan dulu komposisinya di Konawe. Secepatnya kita akan kirim nama-nama itu ke DPP,” bebernya.

Penundaan penunjukan ketua PAN terpilih, lanjut Gusli Topan Sabara, tak ada kaitannya dengan polemik yang sempat terjadi di internal PAN Konawe, beberapa waktu lalu. Katanya, masalah itu sudah berakhir dan tak perlu lagi dipersoalkan. Ia pun meminta semua pengurus partai tetap kompak dalam membesarkan partai, baik di level kabupaten maupun provinsi sekalipun.

“Konawe ini menjadi episentrum PAN di Sultra. Posisi-posisi strategis seperti Bupati, Wakil Bupati dan Ketua DPRD, semua dijabat orang PAN. Kita punya 8 legislator di Konawe. Ini yang harus kita pertahankan dan tingkatkan,” tandas Gusli Topan Sabara.

Sementara itu, Ketua DPD PAN Bombana, Tafdil mengajak seluruh anggota partai untuk tetap solid untuk bersama-sama membesarkan partai berlambang matahari terbit itu.

“Target kita kedepan cukup besar. Yakni merebut kembali kejayaan PAN di Pemilu 2024 nanti, sesuai dengan tema Musda, menjadikan Bombana sebagai basis PAN. Kita target PAN sebagai pemenang di Pemilu 2024 mendatang,” katanya.

Saat ini, bagi dia, lebih baik membahas Pemilu lebih dulu, sebelum bicara Pilkada. Sebab sebelum Pilkada, katanya, yang dihadapi adalah Pemilu. “Sehingga target kita menang pada pemilu. Artinya kalau sudah jadi partai pemenang berarti sudah menjadi basis,” tuturnya.

Di tempat yang sama, Ketua Panitia Musda PAN Bombana, Abdul Rauf mengatakan Tafdil terpilih menakhodai PAN karena dianggap mampu mempertahankan serta merebut kejayaan menghadapi Pemilu 2024 mendatang. “Penilaian DPP, PAN Bombana masih menjadi yang terbaik. Kita masih mendapatkan lima kursi dan menjabat sebagai wakil ketua DPRD,” ungkap Bendahara DPD PAN Bombana.

Ia menggariskan kini posisi PAN di Bombana masih menjadi saingan berat bagi partai lain. Sebab, PAN masih bisa memperlihatkan sebagai partai yang diminati oleh masyarakat. “Dengan terpilihnya H. Tafdil lima tahun kedepan, maka kita optimis bisa merebut kejayaan pada Pemilu mendatang,” pungkas anggota DPRD Bombana. (idh/adi/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy