Wujudkan Ketahanan Pangan, Surunuddin Tunaikan Instruksi Presiden – Kendari Pos
Konawe Selatan

Wujudkan Ketahanan Pangan, Surunuddin Tunaikan Instruksi Presiden


KENDARIPOS.CO.ID — Pemerintah Kabupaten Konawe Selatan terus mendorong peningkatan ekonomi petani. Selain upaya mewujudkan ketahanan pangan juga sebagai upaya meningkatkan kualitas produksi hasil pertanian. Upaya konkret Pemkab Konsel itu bermuara pada peningkatan kesejahteraan petani. Komitmen Bupati Konsel, Surunuddin Dangga meningkatkan kualitas produksi petani merujuk dari hasil Rapat Kerja Nasional (Rakernas) yang dipimpin Presiden Joko Widodo bersama Kementerian Pertanian. Salah satu poinnya adalah pembangunan pertanian modern, maju dan mandiri.

“Pemkab Konsel berkomitmen untuk mewujudkan itu. Kita berusaha mendorong pertanian, sebagaimana instruksi Presiden itu. Peningkatan produksi da peningkatan kualitas sejalan seiring. Tentu kita harus mulai dari hulu ke hilir. Misalnya dari komoditas beras, lalu menjaga produksi kualitas beras kita dan bisa menopang ekonomi petani padi sawah,” ujar Bupati Konsel Surunuddin Dangga kepada Kendari Pos.

Pada dasarnya, sambung mantan Ketua DPRD Konsel ini, pihaknya akan menseriusi apa yang menjadi penekanan pemerintah pusat dalam Rakernas pembangunan pertanian secara virtual. Hanya saja, kendalanya saat ini adalah ketersediaan pupuk dan alat mesin pertanian.

Di sisi lain, ditengah pandemi covid-19 ini salah satu cara Pemda membangkitkan ekonomi masyarakat adalah mendorong pertanian. Di samping untuk menjaga ketahanan pangan juga untuk peningkatan ekonomi rakyat.

“Sebagai bentuk dukungan ke araha itu, kami sudah mendorong beberapa investor perkebunan untuk berinvestasi di Konsel. Seperti PT Merbau, PT Kilau Indah Cemerlang (KIC) dan perusahaan perkebunan lainnya,” sebut Bupati Konsel, Surunuddin Dangga. Dukungan lain adalah membangun kerja sama dengan lembaga perbankan. Misalnya penyaluran dana Kredit Usaha rakyat (KUR). Kerja sama dengan perbankan itu sangat penting, sebab dana APBD Konsel sangat terbatas.

Di sisi lain, menghadapi tahun 2021 ini, Pemkab Konsel akan menginventarisasi gabungan kelompok tani (Gapoktan) yang ada di Kabupaten Konsel. “Selanjutnya kita akan fasilitasi peralatannya, tentu melalui dana KUR tersebut. Pemda sebagai mediatornya. Dan itu semua sudah mulai berjalan melalui kerja sama beberapa pihak,” terang Bupati Konsel, Surunuddin Dangga.

Untuk mendukung kesejahteraan ekonomi petani di Konsel, Bupati Surunuddin Dangga mendorong komoditas perkebunan. Salah satunya adalah produksi nilam. “Sudah banyak kami berikan bantuan untuk petani nilam sebagai bentuk dukungan. Sejauh ini ada sekira 20 unit penyulingan yang telah dibagikan kepada setiap kelompok tani. Seperti di Kecamatan Wolasi, Baito, dan Benua,” imbuh politisi senior Partai Golkar ini.

Ditambahkan Surunuddin, ia melihat peluang petani porang sangat berpotensi mendongkrak perekonomian masyarakat. “Tapi untuk tanaman porang ini, kita masih harus memastikan pasarnya. Tujuannya adalah ketika petani memulai budidaya porang, pasarnya sudah terjamin,” tandasnya. (kam/c)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Most Popular

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy