Tiga Pasangan Bupati/Wabup Dilantik, Ali Mazi : Bangun Daerah Hingga Pelosok! – Kendari Pos
HEADLINE NEWS

Tiga Pasangan Bupati/Wabup Dilantik, Ali Mazi : Bangun Daerah Hingga Pelosok!


KENDARIPOS.CO.ID — Tiga pasangan bupati dan wakil bupati menabalkan sumpah mengabdi untuk rakyat dan negeri. Sumpah diikrarkan dihadapan Gubernur Sultra Ali Mazi dalam prosesi pelantikan bupati di rumah jabatan gubernur, Jumat (26/2) kemarin.

Gubernur Sultra, Ali Mazi (tengah) didampingi Wakil Gubernur Sultra, Lukman Abunawas (empat kiri) dan Ketua TP PKK Sultra, Agista Ariany (empat kanan) usai pelantikan Bupati/Wakil Bupati Kolaka Timur, Buton Utara dan Konawe Kepulauan di rumah jabatan Gubernur Sultra, Jumat 26/7) kemarin

Pelantikan Bupati/Wakil Bupati Kolaka Timur (Koltim), Buton Utara (Butur) dan Konawe Kepulauan (Konkep) menandai berakhir sentimen politik, kepentingan dan meruntuhkan sekat dukung-mendukung dalam Pilkada Desember 2020. Pemenang Pilkada menjadi kemenangan rakyat Koltim, Butur dan Konkep.

Mereka yang dilantik adalah Bupati/Wakil Bupati Kolaka Timur, Samsul Bahri dan Hj. Andi Merya Nur, Bupati/Wakil Bupati Buton Utara, Muhammad Ridwan Zakariah dan Ahali serta Bupati/Wakil Bupati Konkep, Amrullah dan Andi Muhammad Lutfi.

“Setelah usai pelantikan ini, tidak ada lagi cerita mendukung atau tidak mendukung. Semuanya harus mendukung bupati dan wakil bupati yang dilantik. Semuanya harus menyatukan niat, gerak, dan langkah bagi kemajuan daerah dan kesejahteraan rakyat,” pinta Gubernur Sultra, Ali Mazi usai mengambil sumpah jabatan Bupati dan Wakil Bupati Koltim, Butur, dan Konkep, Jumat kemarin.

Inilah saatnya melangkah bersama membangun daerah dan mewujudkan semua janji-janji kampanye Pilkada serentak 2020. Kekompakan itu untuk mencapai kesejahteraan masyarakat di daerah yang dipimpin. Gubernur Sultra meminta pasangan kepala daerah yang dilantik agar saling bahu membahu secara harmonis, bersinergi, saling mengisi, dan melengkapi dalam membangun daerah. Sebab, tantangan ke depan kian kompleks.

Untuk itu, pasangan kepala daerah harus cerdas dan bergegas menyusun strategi dan melaksanakan berbagai program dengan bertindak secara jujur, ikhlas, tekun dan ulet. “Seluruh komponen masyarakat harus dapat dirangkul dan digugah partisipasinya untuk bersama-sama mewujudkan harapan yang dicita-citakan,” tegas Gubernur Ali Mazi.

Gubernur Sultra Ali Mazi berpesan agar Bupati Koltim, Butur dan Konkep untuk menjaga amanah rakyat. Tunaikan janji politik kepada rakyat. “Saya yakin masyarakat di daerah masing-masing bangga dengan kehadiran para bupati atas mandat dari rakyat. Jaga amanah rakyat dan tunaikan semua janji-janji politik. Buat lompatan perubahan demi kemajuan daerah,” kata Ali Mazi.

Para bupati dan wakil bupati harus menjalankan program kerja yang menyentuh rakyat mulai di kawasan ibu kota kabupaten hingga ke pelosok-pelosok desa. “Upaya peningkatan infrastruktur dan kesejahteraan masyarakat harus merata. Seluruh masyarakat bisa merasakan manfaat program pemerintah daerahnya, terutama yang berkaitan kesejahteraan rakyat,” jelas Gubernur Ali Mazi.

Politisi Nasdem itu menambahkan, pasangan kepala daerah harus memastikan kehadiran pelayanan pemerintahan dalam kehidupan masyarakat. Diperlukan langkah konkret mengentaskan kemiskinan dan mengurangi ketimpangan pembangunan antarwilayah. Penyelenggaraan pemerintahan harus mengedepankan prinsip-prinsip pengelolaan tata pemerintahan yang baik, antara lain harus profesional, transparan, akuntabel, berkeadilan, efisien dan efektif, serta bermartabat.

“Ini harus diaktualisasikan dalam sistem manajemen yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengawasan, dan evaluasai yang mengacu pada tugas pokok dan fungsi dari masing-masing pemangku pelaksana penyelenggara pemerintahan daerah,” lanjutnya.

SBM Ajak Masyarakat Bangun Koltim

Usai pelantikan, duet Bupati/Wakil Bupati Koltim, Samsul Bahri-Merya Nur (SBM) bergerak menuju Koltim. Duet berakronim SBM itu menyapa rakyat Bumi Sorume, Koltim. Kedatangan Samsul Bahri-Merya Nur (SBM) disambut dengan ritual adat Tolaki. Masyarakat Koltim berduyun-duyun menyambut kedua pemimpin mereka.

Bupati Koltim, Samsul Bahri menuturkan, sangat bersyukur telah terpilih dan mengemban amanah masyarakat hingga tahun 2026. Pilkada tahun 2020 telah usai. Kini saatnya menata Koltim ke arah yang lebih baik, maju dan sejahtera sesuai tagline sejahtera bersama masyarakat (SBM).

“Saya jadi Bupati dan Wakil Bupati Hj. Andi Merya Nur telah digariskan oleh Allah SWT. Seluruh masyarakat bisa menerima dan bersama-sama dalam tekad, semangat serta pikiran untuk membangun Kolaka Timur lebih maju lagi,” kata Samsul Bahri, Jumat (26/2).

Mantan Sekretaris Daerah Pemerintah Kabupaten Koltim ini menyampaikan rasa terima kasihnya kepada masyarakat Koltim yang menitipkan amanah di pundaknya bersama Wakil Bupati Merya Nur. “Terima kasih amanah masyarakat Koltim. Mari bersama-sama membangun daerah Koltim,” pinta Samsul Bahri.

Sebelumnya, Bupati Butur, Ridwan Zakariah mengaku segera menunaikan janji politiknya saat kampanye. Membangun infrastruktur jalan, jembatan, sektor kesehatan, pendidikan, dan perhubungan. Peningkatan mutu pelayanan kesehatan menjadi perhatian utama. Sebab, saat ini dalam kondisi wabah Covid-19, kerja keras menjaga masyarakat agar tetap sehat mesti maksimal.

“Tatkala masyarakat tidak sehat, pembangunan sulit terlaksana. Karenanya saya bersama Ahali berkomitmen merealisasikan program Halo Dokter menjemput masyarakat. Dokter ditugaskan menyapa, mengecek, mengawal eksklusif kesehatan masyarakat,” ujar Ridwan Zakariah.

Ridwan menjelaskan, sektor pendidikan wajib terbangun dengan tata kelola peningkatan produktifitas tinggi. Sumber daya manusia (SDM) berkualitas amat urgen. Sektor perikanan tak luput dari sentuhan pembangunan duet Ridwan-Ahali. Investasi sektor perkebunan bagi Ridwan menjadi sentral menekan dan mengentaskan angka pengangguran dan kemiskinan.

Terpisah, Bupati Konkep Amrullah mengatakan, pada masa pemerintahan periode keduanya bersama Wakil Bupati Andi Muh.Lutfi, Amrullah memastikan melanjutkan program kerja yang sudah dicanangkan pada periode pertama. “Dengan prioritas pada aspek infrastruktur, peningkatan kualitas SDM melalui sektor pendidikan, dan kesehatan. Selain itu, prorgam stimulan yang berdasarkan visi misi kami untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat,” ujarnya disela-sela gladi resik pelantikan.

Program lain tetap mendapat sentuhan duet Amrullah-Andi Muh.Lutfi. Sebut saja sektor pertanian, perkebunan dan perikanan. “Setelah kami dilantik, kami langsung action untuk percepatan pembangunan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat,” ungkap Amrullah. (rah/kus/b)

Laman: 1 2

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy