Tetap Optimis Raih WTP

KENDARINEWS.COM — Memperoleh opini wajar tanpa pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksaan Keuangan (BPK) atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) selalu menjadi idaman tiap Pemerintah Daerah (Pemda). Tak terkecuali bagi Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Wakatobi. Jika LKPD tahun 2020 kembali mengantarkan Wakatobi meraih opini WTP, maka bisa dipastikan ini sudah ketujuh kalinya.

Kendati tahun 2020 lalu terjadi perubahan anggaran yang harus direfocusing dan direalokasi untuk penanganan Covid-19, namun daerah yang dinakhodai Bupati, H. Arhawi ini masih optimis opini WTP yang akan diumumkan sebelum pertengahan tahun ini bisa dipertahankan lagi. Kepala Dinas Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (DPKAD) Wakatobi, Juhaidin, menegaskan, untuk penilaian masih sama dengan tahun-tahun sebelumnya. Namun perbedaannya kata dia pada saat kegiatan pencegahan Covid-19 ini. Meski demikian, hal ini tidak akan mempengaruhi kinerja pengelolaan keuangan daerah.

“Tidak akan mempengaruhi, sepanjang itu dilakukan secara transparan, saya kira kita bisa berharap capai opini WTP tahun 2020. Kita berdoa saja semoga harapan kita semua ini bisa terwujud,” katanya. Selain berharap bisa kembali meraih opini WTP ketujuh, pihaknya berupaya agar tidak ada hal-hal yang mempengaruhi kinerja pengelolaan keuangan daerah mulai dari desa/kelurahan hingga OPD selaku pengelola keuangan dan barang betul-betul digunakan dengan baik.

“Serta pelaporannya tepat waktu, penyajiannya juga sesuai standar dan aturan yang ada. Harapan kita ketika LKDP yang disampaikan ke BPK sebagai dasar untuk diaudit secara rinci, mudah-mudahan tidak mempengaruhi pengelolaan keuangan. Insya Allah kita masih optimis raih opini WTP hasil LKPD tahun 2020,” tandas Juhaidin. (c/thy)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *