STQ ke-XXVI Muna Resmi Bergulir, Rusman : Jadikan Alquran Sumber Inspirasi – Kendari Pos
Muna

STQ ke-XXVI Muna Resmi Bergulir, Rusman : Jadikan Alquran Sumber Inspirasi

KENDARIPOS.CO.ID — Seleksi Tilawatil Quran (STQ) ke-XXVI tingkat Kabupaten Muna resmi bergulir. Bupati, LM. Rusman Emba membuka kegiatan lomba keagamaan yang dipusatkan di lapangan Bahutara Kecamatan Kontukowuna tersebut. STQ diharapkan menjaring qari dan qariah terbaik serta mengukuhkan ukhuwah Islamiyah di daerah itu.
Bupati Muna mengatakan, STQ merupakan ajang bagi para qari dan qariah daerah untuk menunjukkan kemampuan terbaiknya. Lantunan kalimat suci yang disyiarkan melalui lisan mereka diharapkan mendatangkan keberkahan bagi daerah. Kesempatan itu juga menjadi ajang silaturahmi dan kekompakan. “Lombanya penting tetapi silaturahmi dan dakwah agamanya lebih utama,” ujarnya.

Rusman mengatakan, Alquran juga merupakan sumber pedoman yang tidak pernah lekang oleh zaman. Makanya, penyelenggaraan STQ merupakan momentum mendorong aktualisasi dan implementasi kandungan nilai Alquran, baik dalam kehidupan bermasyarakat maupun pada konteks pembangunan daerah. “Karena tujuan kita membangun bukan saja sejahtera dalam arti materi, melainkan meraih keberkahan hidup. Makanya, visi kita ada mendorong perkembangan kemasyarakatan yang religius dan berkeadaban,” imbuhnya.

Ketua Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) yang juga Wakil Bupati Muna, Abdul Malik Ditu, menambahkan, pelaksanaan lomba dalam STQ akan dipandu oleh dewan hakim. Ia meminta, seluruhnya berlaku adil. Kendati tidak menekankan juara, namun penentuan pemenang perlu dilakukan secara obyektif. Hal itu dimaksudkan agar semangat persaudaraan dan ukhuwah islamiyah dapat terjalin melalui iklim lomba yang adil. “Supaya adil, caranya nilailah peserta dengan profesional,” paparnya.

Kepala Bagian Kesejahteraan Masyarakat, Sekretariat Kabupaten (Setkab) Muna, Abdul Asis Teo, menerangkan STQ tahun ini diikuti 526 peserta terdiri dari 233 putera dan 329 puteri. Seluruhnya merupakan utusan 22 kecamatan. Ada 10 cabang dan 24 golongan lomba yang dipertandingkan dengan lebih kurang 144 medali. Pembukaan STQ yang digelar akhir pekan lalu itu juga dihadiri qari cilik Internasional, M. Ihsan Ramadhan. “Kegiatannya sampai tanggal 25 Februari. Penutupan malam Jumat,” jelas Abdul Asis Teo. (b/ode)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy