Spot Parang Datu Beach di Kolut Mulai Dipromosikan – Kendari Pos
Kolaka Utara

Spot Parang Datu Beach di Kolut Mulai Dipromosikan

KENDARIPOS.CO.ID — Pesisir laut Desa Ujung Tobaku di Kecamatan Katoi, Kabupaten Kolaka Utara (Kolut) memiliki spot-spot hamparan terumbu karang eksotis. Destinasi tersebut mendapat perhatian khusus Pemerintah Desa bersama pihak Dinas Pariwisata (Dispar). Destinasi wisata bawah laut yang diberi nama Pantai Karang Tobaku (Parang Datu Beach) itu itu mulai dipromosikan. 15 penyelam dilibatkan ke spot karang tersebut, termasuk komunitas Patampanua Diving Club (PDC).

Kepala Dinas Pariwisata Kolut, Syamsul Alam, menjelaskan, spot tersebut dapat dikembangkan dan menambah pendapatan asli daerah (PAD) dan memberi nilai ekonomis bagi masyarakat setempat. Ia meminta agar zona wisata itu dibenahi untuk mendukung daya tarik kawasan. “Karena karangnya bagus, maka sangat cocok bagi wisatawan yang hobi snorkling dan diving. Jangan lupa berdayakan masyarakat. Saya baru saja menyelam dan menyaksikannya langsung,” aku Syamsul Alam.

Pihaknya siap mendukung promosi dan menyatakan telah mempersiapkan strategi. Apalagi itu sejalan dengan visi-misi bupati menjadikan Kolut sebagai daerah madani. “Dari 10 objek wisata karang terbaik di dunia, lima diantaranya ada di Indonesia dan saya sangat mengimpikan yang ke enam adalah Pantai Karangdatu,” tutupnya. Sekretaris Desa Ujung Tobaku, Setiawan, mengatakan, pihaknya telah memusyawarahkan untuk menjadikan salah satu program utama dalam mengomersilkan potensi objek wisata tersebut. Kucuran anggaran akan dilakukan secara bertahap dalam pembenahan fasilitas pendukung termasuk upaya pembuatan dermaga mini bagi pengunjung. “Karena spot andalan di bawah permukaan laut, maka kami bekerja sama dengan PDC Kolut terkait objek penyelaman maupun diving. Tahun ini juga desain pembenahan tanggul mulai diaplikasikan untuk menunjang objek zona bersantai bagi pengunjung. Pengelolaannya sepenuhnya akan ditangani BUMDes,” paparnya. (b/rus)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy