Satpol PP Konut Amankan Ternak Liar – Kendari Pos
Kolaka Utara

Satpol PP Konut Amankan Ternak Liar

KENDARIPOS.CO.ID — Penertiban ternak yang berkeliaran pada tempat-tempat umum mulai dilakukan jajaran Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Konawe Utara (Konut). Penertiban tersebut berkaitan dengan penerapan Perda nomor 4 tahun 2017 tentang pemeliharaan dan penertiban hewan ternak di wilayah Konut. Sudah hampir sepekan, Polisi Penegak Perda melakukan penertiban hewan ternak yang masih kerap berkeliaran dan mengganggu kenyamanan warga. Terutama di kompleks perkantoran Bupati Konut.

Kesan semrawut dengan kotoran ternak yang berada di badan jalan membuat estetika ibu kota kabupaten menjadi tak layak pandang. “Sudah berapa hari ini kita lakukan penertiban ternak di wilayah ibu kota kabupaten. Ada puluhan ekor ternak. Baik sapi maupun kambing yang ditertibkan karena berkeliaran ditempat umum,”ujar Kasatapol PP Konut, Syahbuddin.
Lokasi penertiban memang difokuskan pada kawasan ibu kota yang menjadi ikon pemerintahan. Namun kedepannya, penertiban ternak liar akan menyasar ke kecamatan dan desa.

Syahbuddin menjelaskan sosialisasi Perda ternak telah lama dilaksanakan, bahkan sejak dua tahun lalu. Namun itikad baik pemilik ternak untuk mengandangkan dan mengikat ternaknya tak juga terlihat. Sehingga Pemkab Konut menginstruksikan untuk menerapkan Perda ternak yang telah menjadi produk hukum daerah. “Sosialisasi sudah dilakukan, namun tidak ada itikad baik. Jadi, kita akan tegakan tanpa pandang bulu, sapinya dan kambingnya siapa,” tegasnya.

Ternak yang berhasil ditertibkan dikumpulkan pada lokasi lahan milik pemerintah daerah. Sambil menunggu dua sampai tiga hari pemilik ternak datang. Bila dalam rentang waktu tersebut tak ada yang mengaku sebagai ternak, maka akan dikenakan denda.
“Sanksinya akan dikenakan denda, sesuai dengan yang tertuang dalam Perda, berdasarakan dengan klasif√¨kasi ternaknya,” ujar Syahbuddin.
Ternak yang kerap berkeliaran di badan jalan maupun di ruang publik memang sangat mengganggu kenyamanan warga. Apalagi ternak kadangkala membuang kotorannya di badan jalan. “Bahkan kecelakaan seringkali terjadi disebabkan ternak yang berkeliaran di jalan. Ini yang kita tertibkan,” pungkasnya. (c/min)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy