Perbandingan Redmi 9T, Galaxy A12, dan Vivo Y30 – Kendari Pos
Teknologi Informasi

Perbandingan Redmi 9T, Galaxy A12, dan Vivo Y30

kendaripos.co.id–Kelebihan Redmi 9T dibanding pesaingnya. Xiaomi baru saja merilis ponsel terbaru mereka yang menyasar ke kelas entry-level di Indonesia, yaitu Redmi 9T. Meskipun masuk ke dalam kelas entry, tetapi ponsel tersebut hadir dengan spesifikasi melebihi kelasnya. Agar dapat membuktikannya, pada kesempatan kali ini ponsel terbaru buatan Xiaomi tersebut akan dibandingkan dengan spesifikasi ponsel di kelasnya seperti Samsung Galaxy A12 dan Vivo Y30.

Kamera

Kamera belakang Redmi 9T dilengkapi dengan sistem quad-camera atau konfigurasi 4 kamera. Kamera ini terdiri dari kamera utama beresolusi 48 MP (f/1.8), kamera lensa ultra lebar beresolusi 8 MP (f/2.2), kamera makro beresolusi 2 MP (f/2.4), dan terakhir adalah kamera depth sensor beresolusi 2 MP.

Di sisi lain, Samsung juga melengkapi kamera belakang Galaxy A12 dengan konfigurasi 4 lensa. Kamera utama memiliki resolusi 48 MP (f/2.0), selanjutnya ada kamera lensa ultra lebar dengan resolusi 5 MP (f/2.2). Kamera ketiga adalah kamera makro beresolusi 2 MP (f/2.4), dan kamera terakhir adalah depth sensor.

Sedangkan Vivo Y30 memiliki pula kamera belakang 4 buah yang terdiri dari kamera utama beresolusi 13 MP (f/2.2), kamera lensa ultra lebar 8 MP (f/2.2), kamera makro beresolusi 2 MP (f/2.4), dan terakhir adalah depth sensor agar dapat memisahkan antara subjek utama dan latar belakang sehingga menampilkan efek bokeh.

Meskipun sama-sama memiliki konfigurasi 4 kamera belakang, tetapi Redmi 9T masih unggul daripada Galaxy A12 maupun Vivo Y30. Ini dibuktikan karena Redmi 9T kamera utama dengan resolusi lebih tinggi dari pada Y30, yang masing-masing menampilkan 48 MP dan 13 MP, dengan demikian detail akan lebih tajam pada Redmi 9T.

Meskipun sama-sama mengusung resolusi 48 MP, kamera utama Redmi 9T tetap lebih unggul jika dibandingkan dengan Galaxy A12. Ini dikarenakan oleh Redmi 9T memiliki aperture yang lebih besar pada f/1.8 ketimbang Galaxy A12 (f/2.0). Sebagai informasi, aperture yang lebih besar akan menampilkan hasil lebih terang karena memungkinkan lebih banyak cahaya masuk. Ini bermanfaat ketika memotret pada minim cahaya.

Hardware

Xiaomi memperkuat ponsel Redmi 9T dengan prosesor mobile Qualcomm Snapdragon 662. Sedangkan Samsung Galaxy A12 dan Vivo Y30 keduanya sama-sama dibekali dengan prosesor mobile Mediatek Helio P35. Baik Snapdragon 662 maupun Helio P35 hadir dengan kelengkapan delapan inti serta kecepatan hingga 1.8 GHz.

Meski memiliki jumlah konfigurasi inti dan kecepatan clock yang sama, Snapdragon 662 hadir dengan basis fabrikasi 11 nm, dan Helio P35 menawarkan basis fabrikasi 12nm. Seperti yang diketahui, semakin kecil fabrikasi, maka semakin banyak transistor yang bisa ditanam dalam sebuah prosesor. Ini berujung pada performa yang semakin kencang, transistor yang lebih kecil juga membutuhkan daya yang semakin rendah.
Intinya, secara teoritis maka Redmi 9T akan lebih berperforma kencang dan efisiensi daya lebih baik jika dibandingkan dengan ponsel di kelasnya seperti Galaxy A12 dan Vivo Y30.

Layar

Redmi 9T memiliki layar berukuran 6,53 inci. Ponsel buatan Xiaomi ini memiliki ukuran layar yang agak sedikit lebih besar daripada Galaxy A12 pada 6,5 inci. Sementara itu, ukuran Redmi 9T juga memiliki ukuran yang lebih besar daripada Vivo Y30 dengan 6,47 inci. Dengan demikian, layar Redmi 9T akan lebih baik jika digunakan untuk menonton film atau bermain gim karena ukurannya lebih besar.

Selain lebih besar, keunggulan layar Redmi 9T terdapat pada resolusinya yang terbilang tinggi untuk sebuah ponsel entry-level pada 1080 x 2340 piksel. Sebagai pembanding, Samsung membekali ponsel entry-level Galaxy A12 dengan resolusi layar 720 x 1600 piksel, sedangkan Vivo Y30 memiliki resolusi layar 720 x 1560 piksel. artinya, Redmi 9T akan menawarkan detail lebih tinggi pada konten apapun, menjadikan pengalaman menonton atau apapun lebih optimal.

Layar ponsel terbaru dari Xiaomi tersebut juga dilapisi dengan proteksi Gorilla Glass sehingga tidak perlu khawatir ketika terjadi benturan yang tidak disengaja. Ada pula fitur Sunlight Mode yang memungkinkan Redmi 9T sangat minim gangguan refleksi pada layarnya ketika digunakan pada penerangan luar ruangan ketika matahari sedang bersinar cerah.

Bagi kamu yang suka membaca artikel di internet, maka tidak ketinggalan Reading Mode 2.0 yang menghindari mata lelah karena terlalu lama menatap layar. Berkat sertifikasi TÜV Rheinland. Berdasarkan spesifikasi layarnya, Redmi 9T memiliki kualitas melebihi kelasnya.

Speaker

Dalam hal speaker, Redmi 9T menjadikan efek stereo berkat integrasi driver ganda di sisi atas dan bawahnya. Fitur ini otomatis menjadikan ponsel tersebut lebih unggul jika dibandingkan dengan Galaxy A12 dan Vivo Y30 yang keduanya hanya dibekali kelengkapan speaker mono.

Sistem speaker stereo dapat meningkatkan pengalaman yang lebih sinematik ketika digunakan untuk menonton dan bermain gim. Ketika bermain gim seperti PUBG Mobile, maka efek suara stereo akan dapat membantu pemain menentukan arah datangnya langkah kaki atau senjata sehingga dapat lebih waspada. Tentu saja pengalaman ini tidak dapat dirasakan ketika ponsel tidak memiliki tata suara stereo.

Baterai

Kini saatnya membandingkan baterai antara ketiga ponsel tersebut. Xiaomi membekali Redmi 9T dengan kapasitas baterai 6.000 mAh. Di sisi lain, ponsel Samsung Galaxy A12 dan Vivo Y30 masing-masing memiliki kapasitas baterai 5.000 mAh. Dengan demikian, Redmi 9T akan memiliki daya tahan lebih panjang untuk menemani pengguna tanpa takut kehabisan baterai.

Kapasitas baterai Redmi 9T yang besar juga diiringi dengan sistem pengisian cepat (fast charging) 18W sehingga pengguna tidak perlu menunggu terlalu lama agar baterainya terisi penuh dari keadaan kosong. Sebagai informasi, Galaxy A12 dan Vivo Y30 juga memiliki sistem fast charging yang masing-masing berdaya 15W dan 10W.

Desain

Meskipun memiliki baterai yang lebih besar, tetapi Redmi 9T memiliki bobot yang lebih ringan dibandingkan dengan Samsung Galaxy A12, yang mana Redmi 9T berbobot hanya 198 gram dan Galaxy A12 adalah 205 gram. Dan jika dibandingkan dengan Vivo Y30 (197 gram) maka Redmi 9T hanya lebih berat 1 gram.

Selain terbilang ringan dengan baterai besar, ponsel buatan Xiaomi tersebut hadir dengan desain bertekstur yang menjadikannya lebih menarik di antara ponsel di kelasnya. Tekstur bergaris-garis kecil ini juga memungkinkan Redmi 9T tidak mudah meninggalkan noda sidik jari dan tidak licin. (*)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy