Mencari Solusi untuk Anak Bangsa, Dikmudora – Kendari Pos Gelar Diskusi – Kendari Pos
HEADLINE NEWS

Mencari Solusi untuk Anak Bangsa, Dikmudora – Kendari Pos Gelar Diskusi

KENDARIPOS.CO.ID — Belum ada tanda-tanda pandemi Covid-19 akan berlalu. Pandemi membuat segalanya terbatas. Proses belajar mengajar (PBM) di Kota Kendari masih berlangsung secara daring (online). PBM cara itu dinilai masih kurang efektif dan menuai keluhan orang tua siswa.

Atensi Pemkot Kendari terhadap dunia pendidikan dan erjaminnya intelektual generasi bangsa sangat tinggi. Diperlukan langkah strategis untuk menyiasati agar PBM di Kota Kendari berjalan efektif.

Kepala Dikmudora Kota Kendari, Makmur

Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Dikmudora) Kota Kendari menggandeng Kendari Pos untuk menggelar diskusi. Tema yang diangkat adalah Solusi Jitu Pembelajaran Selama Pandemi Covid. Pembicara dan narasumber yang dihadirkan adalah orang-orang berkompeten. Wali Kota Kendari Sulkarnain Kadir didapuk sebagai keynote speaker.

Para narasumber yakni Kepala Dikmudora Kota Kendari, Makmur, Plt.Kepala LPMP Sultra, Sakkangi, Kepala Dinkes Kota Kendari drg.Rahminingrum Pujirahayu, ketua Gugus Tugas Covid-19 Kota Kendari dr.Sukirman, dan Ketua Komisi III DPRD Kota Kendari, LM. Rajab Jinik.

Manager Event Organizer Kendari Pos, Nursyamsi Abidin mengatakan, diskusi “Solusi Jitu Pembelajaran di Masa Pandemi Covid” akan digelar dengan menerapkan protokol kesehatan (Prokses) yang ketat. Jarak antar peserta yang hadir diatur sedemikian rupa. Jaraknya minimal satu meter. Termasuk wajib memakai masker dan mengecek suhu tubuh peserta sebelum memasuki ruang kegiatan. “Ini bagian dari menghindari penularan pandemi covid-19,” kata Nursyamsi Abidin, Minggu (21/2).

Peserta kegiatan, kata dia, akan dihadiri oleh kepala sekolah TK (Taman Kanak-Kanak), Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) se-Kota Kendari.
“Sebenarnya para guru juga bisa di hadirkan, namun karena pandemik corona, hanya Kepsek saja yang di undang,” jelasnya.

Nursyamsi Abidin menambahkan, peserta yang sudah mendaftar saat ini telah mencapai 150. Untuk peserta maksimal sejumlah 200. “Progres persiapan kami mencapai 90 persen. Kegiatan diskusi digelar 24 Februari. Dimulai pukul 09:00 Wita. Dan hanya berlangsung selama satu hari,” tandasnya.

Sebelumnya, Kepala Dinas Dikmudora Kota Kendari, Makmur menggagas metode pembelajaran home visit. Metode home visit ini dinilai tepat dan efektif bagi siswa untuk belajar di masa pandemi Covid-19, sekaligus solusi alternatif dan jawaban atas kendala pembelajaran daring (online) yang banyak dikeluhkan orang tua murid saat ini.

Makmur mengatakan pembelajaran home visit mewajibkan setiap guru atau wali kelas menyambangi kediaman peserta didik. Itu dilakukan agar siswa tidak ketinggalan materi pembelajaran, terutama bagi siswa yang tidak memiliki fasilitas gawai (smartphone).

“Masih banyak siswa yang belum memiliki smartphone, sehingga mereka mengandalkan smartphone milik orang tuanya. Ini tentu tidak efektif. Sehingga metode home visit ini saya kira sangat efektif untuk mengatasi kendala itu,” ungkap Makmur.

Teknis metode home visit ini, nantinya guru atau wali kelas akan membentuk kelompok kecil maksimal 3 – 5 anak dan menentukan lokasi pertemuan belajar. “Biasanya wali kelas itu sudah bisa mendeteksi, siswanya paling banyak di area mana, yang jelasnya lokasi belajarnya tidak terdapat kasus covid-19,” kata Makmur.

Gagasan visit home dihadirkan untuk menjawab keluhan orang tua terkait metode pembelajaran secara daring (online). Seperti keluhan orang tua yang kesulitan membimbing anaknya belajar dirumah, keterbatasan kemampuan orang tua membeli paket data atau pulsa, kendala jaringan dan masih banyak keluhan lainnya.

Selain itu, berdasarkan hasil evaluasi yang dilakukan pihaknya menemukan fakta bahwa metode pembelajaran secara daring tingkat efektivitasnya hanya 30 persen. “Sangat tidak efektif. Belum lagi ditambah timbulnya kejenuhan dari guru dan peserta didik. Makanya saat ini kami optimalkan pembelajaran home visit sebagai salah satu solusi alternatif pembelajaran di masa pandemi saat ini,” ungkap Makmur. (ali/ags/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy