MAN IC Kendari Gelar Simulasi Tes Untuk Pendaftar Siswa Baru – Kendari Pos
Edukasi

MAN IC Kendari Gelar Simulasi Tes Untuk Pendaftar Siswa Baru

Suasana pelaksanaan seleksi nasional peserta didik baru di MAN IC Kendari.

KENDARIPOS.CO.ID—Pendaftaran siswa baru MAN IC Kendari telah ditutup sejak 11 Februari lalu. Kemenag RI selaku panitia pelaksana penerimaaan siswa baru MAN IC di seluruh Indonesia, termasuk Kota Kendari, menjadwalkan tes tertulis secara bertahap tanggal 27-28 Februari mendatang.

Sebelum tes, Panitia Pelaksana akan menyelanggarakan simulasi tes yang digelar tanggal 24-25 Februari. Artinya, pendaftar MAN IC Kota Kendari yang mencapai 368 orang wajib mengikuti simulasi agar siap saat tes yang akan memperebutkan kuota 96 orang.

Kepala MAN IC Kendari, Dr. Abdul Basit, MM., mengungkapkan pelaksanaan penerimaan siswa baru akan dilakukan secara masif dan tersistematis. Segala sesuatunya harus dilakukan secara teratur dan bertahap agar bisa menyaring siswa-sisiwi yang layak dan berkualitas.

“Sudah menjadi keputusan pemerintah pusat, untuk melakukan simulasi sebelum pelaksanaan tes yang sesungguhnya. Hal ini bertujuan untuk melatih mental, melatih akademik para calon siswa. Sehingga dalam mengikuti tes yang sesungguhnya mereka sudah memiliki gambaran seperti apa soalnya. Saya berharap mereka bisa memberikan yang terbaik,” ungkap Abdul Basit, pekan lalu.

Adapun proses pelaksanaan simulasi dan tes, akan dilakukan secara online. Kebijakan ini terkait kondisi pandemi Covid-19 yang masih belum membaik di seluruh wilayah Indonesia, sehingga langkah baiknya dilakukan tes secara daring.

“Tesnya akan dilaksanakan secara online. Saya yakin untuk tes kali ini, dijamin akan aman dan terjamin karena pemerintah telah menyediakan aplikasi khusus untuk menjamin keamanan dari pelaksanaan tes, meskipun dilakukan dari rumah,” paparnya.

Dijelaskan bahwa Aplikasi yang akan digunakan bernama Exambro yang bisa sangat efektif mendukung dalam hal pengawas pelaksanaan ujian di rumah. Aplikasi ini akan langsung terkoneksi dengan kamera depan dari laptop para peserta sehingga gerakan-gerik peserta akan bisa ketahuan, mana yang melakukan kecurangan dan yang tidak. Ini sempat diterapkan pada tes mahasiswa baru UIN, dan tes seleksi guru tahun ini. Alhamdulillah berjalan sangat efektif,” tambahnya.

Lanjut dia, mekanisme soalnya juga ditentukan tim pusat sehingga para peserta memang dituntut harus mempersiapkan diri dengan sangat baik jika ingin lulus di MAN IC.

“Kami hanya menerima proses akhirnya, pastinya untuk tesnya ada dua sistem, yaitu khusus mengenai pembelajaran umum, dan psikologi tes. Ini untuk mengasah kemampuan para calon siswa sampai dimana tingkatan mereka, apakah mereka layak diterima di MAN IC Kendari. Karena kami juga harus memilah mana yang benar-benar layak untuk menjadi siswa di sekolah kami,” pungkasnya. (ilw/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy