Kendari Kebagian 12 Ribu Dosis, Tahap II Diprioritaskan Petugas Publik – Kendari Pos
Kesehatan

Kendari Kebagian 12 Ribu Dosis, Tahap II Diprioritaskan Petugas Publik

KENDARIPOS.CO.ID — Kota Kendari kembali mendapatkan alokasi vaksin sinovac dari pemerintah. Jumlahnya sekira 12 ribu dosis yang akan didistribusikan pada medio Februari – Maret 2021. Rencananya, vaksin akan diberikan kepada petugas publik seperti ASN, TNI/Polri dan pimpinan lembaga yang ada di Kota Lulo. Upaya ini diharapkan bisa melindung masyarakat dari potensi terpapar covid-19.

Wali Kota Kendari Sulkarnain Kadir mengatakan, alokasi vaksin ditahap dua ini jumlahnya lebih besar jika dibandingkan tahap pertama, dimana sebelumnya dialokasikan hanya dialokasikan sekira 8.650 dosis. “Alokasinya memang lebih besar. Sekitar 12 ribu dosis. Ini merupakan bagian dari 400 juta dosis vaksin yang dipesan pemerintah tahun ini,” ungkapnya.

Kepala Kantor Kemenag Kendari, H Zainal Mustamin saat menerima suntikan vaksin dosis kedua di Private Medical Care Center (PMCC) RSUD Kendari.

Dia pun memastikan, seluruh tokoh publik yang ada di Kendari akan menerima vaksin tanpa terkecuali. Hingga pada akhirnya, lanjut dia seluruh masyarakat juga akan mendapatkan perlakuan yang sama (disuntik vaksin), “Mudah-mudahan program vaksinasi ini bisa berjalan lancar dan sesuai rencana. Olehnya itu saya minta kepada suluruh elemen tanpa terkecuali untuk mensukseskan program vaksinasi agar bangsa ini segera terbebas dari covid-19,” kata Sulkarnain.

Terpisah, Jubir Bicara (Jubir) Satuan tugas (Satgas) Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Kendari dr. Algazali Amirullah mengatakan, pemberian sejumlah vaksin pada tahap kedua ini diperuntukkan bagi tokoh publik yang merupakan salah satu kelompok dengan resiko tinggi penularan.

Adapun mereka yang mendapatkan vaksin dipastikan tidak ada komorbid (penyakit penyerta) seperti penyakit diabetes, hipertensi, gangguan jantung, paru kronis, kanker, gangguam ginjal serta buka ibu hamil / menyusia dan penyintas covid-19.

dr. Algazali menambahkan, pemberian vaksin pada sejumlah orang atau kelompok masyarakat yang memiliki resiko tinggi tertular covid-19 sangat penting dilakukan agar imunitas tubuh mereka bisa terbentuk supaya bisa tercipta Herd Immunity (kekebalan kelompok).

“Saat ini tenaga kesehatan (nakes) kita sementara menjalani vasksinasi dosis kedua. Responnya cukup tinggi. Memang ada beberapa yang tertunda karena komorbid. Otomatis jatah vaksinnya dialihkan pada kelompok lain. Untuk tahap kedua, vaksinnya masih menunggu dari pusat. Termasuk teknis pemberiannya,” pungkasnya. (b/ags)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Most Popular

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy