IPM Kolut Masih di Bawah Provinsi – Kendari Pos
Kolaka Utara

IPM Kolut Masih di Bawah Provinsi

KENDARIPOS.CO.ID — Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Kabupaten Kolaka Utara (Kolut) saat ini berada pada angka 69,31 persen. Poin tersebut masih di bawah rata-rata provinsi yang diplot sebesar 71,45 persen.

Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Kolut, Zablin, mengatakan, meski masih di bawah angka rata-rata, persentase IPM tersebut mengalami kenaikan dari 2019 yang sebesar 68,91 menjadi 69,31 persen. Dalam peringkat, Kolut naik satu grid, dari posisi delapan pada tahun 2019 menjadi ketujuh di 2020. “Di atas Kolut ada Wakatobi dan dibawahnya Muna,” ujar Zablin.

Menurutnya, survei yang dilakukan BPS berdasarkan indikator tunggal gabungan dari berbagai sektor, baik menyangkut kualitas kesehatan, pendidikan hingga ekonomi. IPM Kolut dikatakan terdongkrak karena tingginya pengeluaran per kapita setahun terakhir senilai Rp 10,2 juta.
Hal itu bahkan dikatakan Zablin melampaui rata-rata pengeluaran provinsi yang hanya berkisar Rp 9,3 juta. Bukan hanya itu, di Bumi Patowonua tersebut melampaui 13 daerah dari 17 kabupaten dan kota di Sultra. “Yang melebihi pengeluaran Kolut per tahunnya saat ini yakni Kolaka, Kendari dan Baubau,” paparnya.

Meski begitu, Zablin enggan memberi alasan spesifik penyebab tingginya pengeluaran perkapita Kolut tersebut. Ada banyak faktor yang saling menunjang sehingga tidak bisa berpatokan pada satu alasan tertentu. Karena setiap pecahan wilayah punya perbedaan pencatatan. (c/rus)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy