Hanya 50 Ormas dan LSM di Kendari yang Terdaftar – Kendari Pos
Hukum & Kriminal

Hanya 50 Ormas dan LSM di Kendari yang Terdaftar

KENDARIPOS.CO.ID — Keberadaan Organisasi Masyarakat (Ormas) dan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) di Kota Kendari cukup banyak. Hanya saja, masih banyak yang tidak terdaftar. Berdasarkan data Badan Kesatuan Bangsa Politik (Kesbangpol) Kota Kendari, hanya 50 Ormas dan LSM yang resmi terdaftar.

Kepala Kesbangpol Kota Kendari, Suhardi mengatakan terus melakukan pendataan Ormas dan LSM yang berada di Kota Lulo. Tiap saat, pihaknya rutin turun lapangan. Upaya itu untuk memastikan legalitas Ormas dan LSM. Tidak hanya dari segi administrasi, namun juga aktifitas lembaga.

“Sampai saat ini, di lapangan banyak yang mendirikan wadah kreatif. Tetapi belum semuanya mendaftarkan diri. Jumlah ormas dan LSM yang telah terdaftar di Kantor Kesbangpol Kendari sebanyak 50, sementara yang tidak terdaftar masih banyak,” ungkapnya.

Tahun ini, pihaknya akan melakukan pengetatan terhadap ormas dan LSM. Berdasarkan regulasi yang ada, Ormas harus mendaftarkan organisasinya ke Badan Kesbangpol. Bagi yang belum terdaftar, wajib mengajukan pendaftaran di Kementerian Hukum dan Ham RI melalui Kesbangpol. Jika ormas atau LSM tidak terdaftar dan tidak memiliki surat keterangan terdaftar (SKT), maka dianggap sebagai lembaga ilegal. Serta tidak diakui secara hukum oleh pemerintah.

“Setiap Ormas harus memberitahu dan mendaftarkan diri di Kesbangpol. Sesuai dalam undang undang nomor 57 tahun 2017, pendaftarannya dilakukan secara online langsung ke kementerian dan harus membawa rekomendasi dari Kesbangpol. Sehingga misal terjadi masalah atau apapun itu, kita bisa membantu. Jika tidak terdaftar maka dianggap ilegal. Nah untuk tahun 2021 ini kita lakukan pendataan kembali,” ujarnya.

Kesbangpol kata dia, tidak memiliki hak melarang dan membatasi ruang gerak ormas untuk melaksanakan berbagai jenis kegiatan. Termasuk dalam hal menyampaikan aspirasi masyarakat ke berbagai lembaga pemerintahan. Pihaknya hanya berupaya melakukan pembinaan dan menyurati ormas untuk melengkapi persyaratan administrasi.

“Kita imbau kepada organisasi di Kendari yang belum mendaftarkan dirinya untuk segera melaporkan kepada Kesbangpol Kendari. Jika mereka tidak terdaftar secara resmi dan dalam melakukan aktivitas terjadi masalah, maka kami tidak bisa bertanggung jawab, sebab mereka tidak terdaftar di Kesbangpol,” pungkasnya. (b/ndi)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy