Dikbud Sultra Buka Aplikasi Pemetaan dan Pemerataan Guru – Kendari Pos
Edukasi

Dikbud Sultra Buka Aplikasi Pemetaan dan Pemerataan Guru

Drs. Asrun Lio, PhD.

KENDARIPOS.CO.ID—Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Sultra siap meluncurkan aplikasi pemetaan dan pemerataan guru pada Bulan Maret 2021 mendatang. Aplikasi pemetaan ini mencakup guru SMA, SMK, dan SLB se Sultra.

Kadis Dikbud Sultra, Drs. Asrun Lio, PhD., mengungkapkan sebenarnya rancangan pemerataan guru atau zonasi sudah lama dilakukan. Hanya saja untuk direalisasikan bukan hal mudah karena dibutuhkan sebuah proses serta eksekusi yang tepat.

“Aplikasinya sudah siap, saat ini dalam proses penginputan data para guru yang akan dimasukkan dalam sistem aplikasi, sehingga dalam penerapannya itu akan lebih mudah. Alhamdulillah sekarang hampir semua data guru sudah masuk,” ungkap Asrun Lio, Kamis (18/2).

Dijelaskan, aplikasi pemetaan dan pemerataan guru bertujuan untuk memudahkan para guru. Nantinya mereka akan dimutasi sesuai dengan lokasi tempat tinggalnya dengan sekolah terdekat sehingga lebih memudahkan akses pelayanan pendidikan.

“Kebijakan ini sebagai upaya terobosan yang kami lakukan, untuk lebih memudahkan para guru dalam memberikan akses pendidikan kepada siswa tanpa harus terbebani oleh masalah apapun. Dimana dalam pemerataan ini, para guru yang berstatus suami istri, itu bisa disatukan dalam satu sekolah. Artinya, bila saat ini ada pasangan guru yang terpisah atau berbeda kabupaten maka ke depannya melalui aplikasi ini bisa disatukan lokasi mengajarnya,” paparnya.

Tentunya, lanjut Asrun, akan menjadi sebuah hal positif untuk peningkatan kualitas dunia pendidikan. Mengingat dengan terjaminnya mutu para tenaga pengajar, tentu akan memberikan efek besar terhadap kinerjanya, dan pastinya akan memberikan sebuah dampak besar terhadap peningkatan kualitas pendidikan,” tambahnya.

Ia pun berharap melakui aplikasi ini, ke depannya akan membangun wajah pendidikan Sultra menjadi lebih baik. Segala upaya dan kerja keras akan terus dilakukan untuk sebuah pendidikan yang berkualitas.

“Kami akan terus bekerja, berbuat, dan berinovasi, untuk memberikan yang terbaik bagi insan pendidikan, dengan gencar melakukan terobosan dan melahirkan ide yang kreatif dan inovatif. Karena kami yakin dengan ikhtiar dan perjuangan yang terus dilakukan tanpa henti, saya percaya bahwa perubahan itu akan selalu terbuka,” tandas pria yang sebelumnya aktif sebagai dosen di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UHO. (Ilw/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy