Cegah Kebocoran Anggaran, Pemkot Kendari Terapkan E-Retribusi – Kendari Pos
Metro Kendari

Cegah Kebocoran Anggaran, Pemkot Kendari Terapkan E-Retribusi

KENDARIPOS.CO.ID — Transaksi elektronifikasi di lingkup Pemkot Kendari terus diperluas. Kini, Pemkot segera menerapkan pemungutan pajak secara elektronik atau E-Retribusi di beberapa titik retribusi Pemanfaatan Kekayaan Daerah (PKD). Penerapan sistem pembayaran digital ini untuk mencegah potensi kebocoran anggaran.

Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kota Kendari, Sri Yusnita mengungkapkan bekerjasama dengan Bank Indonesia untuk penggunaan QRIS (QR Indonesian Standard) melalui aplikasi Link Aja. “Sebenarnya QRIS itu bisa juga dilakukan oleh OVO, Go-Pay maupun walet lainnya. Tapi karena kita pemerintah itu harus ada laporan, sehingga kerjasama kita hanya lakukan dengan Link Aja saja karena basis datanya lengkap. Kan ita harus diaudit juga,” kata Sri Yusnita.

Dalam waktu dekat, pihaknya bakal menerapkan e-retribusi PKD Kali Kadia, Kendari Beach dan juga akan dikembangkan e-retribusi tepi jalan. “Insya Allah, tanggal 22 Februari (Hari ini) ada pembayaran serentak untuk PKD Kali Kadia yang di kelola oleh Bapenda,” ungkapnya.

“Sementara untuk tambat labuh dan tepi jalan, kemarin kita sudah rapat dengan Bank Indonesia itu disosialisasilan dulu dengan pedagang dan petugas pemungut retribusi di tambat labuh,” tambahnya.

Mantan Kepala DPMPTSP Kendari ini, menambahkan sebenarnya untuk pilot project e-retribusi sudah dilakukan di Wisata Pantai Nambo pada 9 Februari lalu. Adapun yang akan dilaksanakan kedepan hanya pengembangan dari elektronifikasi dimaksud, “Kalau masyatakat ke Nambo sekarang, silakan tapping untuk retribusi masuk, maupun retribusi gazebo dan Aula. Itu sudah diterapkan,” kata Sri Yusnita.

Terpisah, Wali Kota Kendari Sulkarnain Kadir menyambut baik kebijakan pembayaran digital pada sejumlah objek wisata dan PKD di Kota Lulo. Menurutnya, langkah itu sangat tepat dalam rangka mendukung sistem elektronifikasi sistem pembayaran terlebih dimasa pandemi covid-19 saat ini yang tidak memungkinkan orang berinteraksi secara langsung.

Di sisi lain, pengunjung tidak akan direpotkan pengembalian uang sisa transaksi. Pasalnya, jika dilakukan secara digital nominal yang dibayarkan sesuai dengan ketetapan harga atau dalam kata lain tidak ada pembulatan harga, “Karena nanti yang dibayarkan persis dengan yang tertera. Nanti juga tidak perlu kembalian karena secara sistem sudah terhitung pas,” pungkasnya. (b/ags)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy