Beperkara di MK, 83 Kada Belum Bisa Dilantik – Kendari Pos
Politik

Beperkara di MK, 83 Kada Belum Bisa Dilantik

KENDARIPOS.CO.ID — Sebanyak 178 daerah resmi memiliki kepala daerah baru hari ini. Kepala daerah terpilih hasil pilkada 2020 yang telah menyelesaikan proses administrasi dilantik secara serentak se Indonesia.

Plt Sekretaris Dirjen Otonomi Daerah Kementerian Dalam Negeri Maddaremeng menyatakan, 178 kepala daerah yang dilantik hari ini adalah yang masa jabatannya habis pada Februari 2021. Semuanya berada di level kabupaten/kota.

“Sebanyak 121 yang tidak ada sengketa dan 57 yang ditolak MK,” ujarnya. Untuk tingkat provinsi, pelantikan dilakukan Presiden Joko Widodo. Pelantikan bupati/wali kota dipusatkan di ibu kota provinsi dengan protokol kesehatan dan peserta terbatas.

Tersisa 83 kabupaten/kota peserta pilkada 2020 yang belum berganti kepemimpinan. Sementara itu, di level provinsi, masih empat daerah yang belum melaksanakan suksesi kepemimpinan.

Kepala Pusat Penerangan Kemendagri Benny Irawan menambahkan, pelantikan memang tidak dapat dilakukan serentak di 270 daerah peserta pilkada. Sebab, ada sebagian yang masih beperkara di MK. Ada pula yang belum habis masa jabatannya. ’’Rentang waktu masa akhir jabatan kepala daerah ini tidak sama. Akhirnya serentak itu kita lakukan bertahap,’’ imbuhnya.

Dia berharap, dalam upacara pelantikan hari ini, pemda menerapkan protokol kesehatan dengan membatasi orang yang masuk ruangan.

Terkait dengan nasib bupati terpilih Sabu Raijua Orient Riwu Kore yang tersandung kasus dwi kewarganegaraan, Benny memastikan tidak akan dilantik hari ini. Sebab, Kemendagri masih menunggu hasil kajian Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkum HAM). ’’Sudah bisa dikatakan untuk Sabu Raijua kita belum lakukan pelantikan besok (hari ini, Red),’’ terangnya. (jp)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy