Anggaran Seluruh OPD Pemkab Wakatobi Kosong

KENDARIPOS.CO.ID — Memasuki bulan kedua tahun 2021, sejumlah kegiatan di kantor Sekretariat Kabupaten (Setkab) maupun Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kabupaten Wakatobi, mulai dikerjakan. Sayangnya, hingga Februari ini, seluruh anggaran pada kas instansi, masih kosong. Jika tahun-tahun sebelumnya, anggaran di kas daerah pada awal tahun jarang mengalami kekosongan. Perubahan aplikasi pelaksanaan anggaran dari Sistem Informasi Manajemen Daerah (Simda) menjadi Sistem Informasi pemerintah Daerah (SIPD), disebut menjadi salah satu penyebabnya. Saat ini masih ada penyesuaian aturan.

“Ini sementara masih proses. Kita sudah memberlakukan SIPD. Jadi, memasuki bulan kedua ini kas seluruh OPD tanpa terkecuali termasuk Setkab itu masih kosong,” ungkap Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Wakatobi, Juhaidin. Dari lebih 30 OPD lingkup Pemkab Wakatobi, sudah ada yang siap melakukan pencairan anggaran, namun semuanya harus sesuai dengan SIPD.

“Untuk satu bulan lebih ini, uang-uang persediaaan atau anggaran operasional OPD belum ada sama sekali di kas. Makanya mereka sementara mempersiapkan dan mengusulkannya. Kami cek sudah sebagian besar siap,” tambahnya. Kendati demikian, untuk dua bulan gaji pegawai (Januari dan Februari), sudah cair. Juhadidin menyebut pihaknya akan mengupayakan ada pencairan anggaran dalam pekan ini.

Kondisi tersebut juga pernah dikeluhkan Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPDB) Wakatobi, Muhammad Yusuf. Bahkan untuk menyalurkan bantuan kemanusiaan pada masyarakat Wakatobi yang tertimpa angin puting beliung awal tahun 2021, pihaknya terpaksa harus menunggu pencairan APBD. “Karena kas kita kosong sama sekali. Jadi harus menunggu pencairan baru bisa salurkan bantuan pada para korban bencana alam,” jelasnya. (b/thy)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *