Alokasikan Rp 20 Miliar, Jagung di Kolut Mulai Dipanen – Kendari Pos
Kolaka Utara

Alokasikan Rp 20 Miliar, Jagung di Kolut Mulai Dipanen

KENDARIPOS.CO.ID — Panen jagung di Desa Mataiwoi, Kecamatan Ngapa dilakukan Bupati Kolaka Utara (Kolut), Nur Rahman Umar bersama jajarannya, Rabu (10/2). Kegiatan tersebut merupakan hasil pelaksanaan program Rural Empowerment and Agricultural Development Scalling up Initiative (READSI) yang telah menyerap anggara hingga Rp 20 miliar. Di desa itu, jagung yang dipanen seluas 4 hektare dari total luasan yang dibudi daya mencakup 50 hektare. Data dari Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Kolut menyebutkan, program READSI itu mencakup 425 hektare yang tersebar di 11 kecamatan.

Nur Rahman Umar pada kesempatan itu tampak sumringah. Menurutnya, kegiatan itu relevan dengan program revitalisasi kakao yang mengharuskan melakukan pengembangan tanaman sela, guna mengisi kebun petani ketika kakaonya belum berbuah. “READSI ini program kementerian dan sangat sejalan dengan program yang kami jalankan,” ujarnya, kemarin. Nur Rahman mengklaim keberhasilan program tersebut. Alasannya, jika sebelumnya dalam tiap satu hektare hanya menghasilkan 4 ton, saat ini dikisarkan 6,5 ton. Saat ini, komoditas itu di pasaran ditaksir Rp 3.700 per kilogram.

Untuk diketahui, pendanaan program kementerian itu terlebih dahulu ditalangi Pemkab melalui APBD. Jika telah berjalan sepenuhnya, anggaran bakal digantikan via APBN oleh kementerian terkait. (b/rus)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy