2021, Disperindag Wakatobi Fokus Penanganan Covid

KENDARIPOS.CO.ID — Pada tahun 2020 lalu, sejumlah anggaran untuk Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Wakatobi direalokasi untuk penanganan Covid-19. 2021 ini, instansi tersebut kembali tidak mendapatkan dana alokasi khusus (DAK). Sehingga bisa dipastikan tahun ini tak akan ada kegiatan pembanguan pasar di Wakatobi.
Kendati demikian Kepala Bidang Perdagangan, Disperindag Wakatobi, Jamaludin, menuturkan, sebelumnya sudah ada beberapa pasar yang dibangun melalui DAK. Bahkan dari pembangunan tersebut masih ada beberapa yang hingga saat ini belum diresmikan.

“Pembangunan pasar sebelum tahun 2020 sering dilakukan. Tapi beberapa diantaranya belum diresmikan dan dihibahkan oleh Pemerintah Pusat ke daerah. Seperti Pasar Sentral II, Pasar Kabupaten dan sekarang lagi ada Pasar Mandati. Kita sementara masih menunggu proses penyerahan aset itu,” ungkapnya. Jamaludin mengatakan, meski tahun ini tidak ada DAK untuk pembanguann pasar, setidaknya pihaknya berharap sejumlah persoalan yang terjadi segera tuntas. Mengingat, selain belum dihibahkan, pasar yang sudah difungsikan ternyata belum dimaksimalkan oleh para pedagang.

“Apalagi banyak lods dan kios yang belum juga difungsikan oleh pedagang. Padahal sudah penyerahan kunci dan ada daftar namanya. Kami sudah usaha bahkan menyurati para pedagang tersebut, tapi sampai sekarang masih belum diisi,” harapnya. Sejauh ini pihaknya masih mengupayakan pemanfaatan pasar secara maksimal. Apalagi data Disperindag Wakatobi, masih banyak pasar di Wakatobi yang kios dan lods belum terisi dan dimanfaatkan pedagang. (c/thy)

Facebooktwittermail

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.