1.702 Hektare Hutan Lindung Diserahkan ke Warga – Kendari Pos
Konawe Selatan

1.702 Hektare Hutan Lindung Diserahkan ke Warga

KENDARIPOS.CO.ID — Lahan tanah objek reforma agraria (TORA) seluas 1.702 hektare di Konawe Selatan (Konsel) diserahkan pihak Balai Pemantapan Kawasan Hutan (BPKH) Wilayah XXII Sulawesi Tenggara (Sultra). Ketua Tim TORA Wilayah Konsel, Andi Ruly I Malombasang menyerahkan surat keputusan tersebut pada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Konsel. Nantinya lahan TORA tersebut akan didistribusikan pada masyarakat yang berhak. Andi Ruly menjelaskan, untuk wilayah Konsel, lahan TORA yang dimaksud adalah pelepasan sebagian hutan lindung gunung Wolasi, kawasan hutan lindung Torobulu, kawasan hutan produksi tetap, gunung Wolasi dan kawasan hutan produksi tetap Popalia. “Totalnya seluas 1.702 hektare lebih, melalui perubahan batas kawasan hutan untuk sumber tanah obyek reforma agraria kelompok masyarakat,” katanya, akhir pekan lalu saat menyerahkan SK pada Sekretaris Kabupaten (Sekab), H. Sjarif Sajang.

Tercatat ada 10 Kecamatan di Konsel menerima redistribusi aset lewat program TORA tersebut, yakni Baito, Buke, Kolono, Laeya, Lainea, Moramo. Selain itu ada Kecamatan Palangga, Palangga Selatan, Tinanggea dan Wolasi. “Jadi untuk wilayah Konsel mendapatkan SK biru (lahan TORA) dan SK Hijau (Perhutanan Sosial) yang nantinya juga akan diserahkan ke Pemkab. Sementara untuk SK tanah adat, wilayah Konsel tidak termasuk didalamnya,” jelas Andi Ruly. (c/kam)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Most Popular

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy