Waspada Cuaca Ekstrem! 5 Daerah di Sultra Rawan Banjir dan Longsor – Kendari Pos
HEADLINE NEWS

Waspada Cuaca Ekstrem! 5 Daerah di Sultra Rawan Banjir dan Longsor

KENDARIPOS.CO.ID — Warga diminta waspada. Cuaca esktrem yang terjadi beberapa hari terakhir menyebabkan banjir dan tanah longsor. Apalagi curah hujan memasuki bulan Januari mulai meningkat. Kondisi ini tak hanya di terjadi wilayah daratan, cuaca di perairan Sultra pun kurang bersahabat. Angin kencang memicu tinggi gelombang. Wakil Gubenur (Wagub) Sultra, Lukman Abunawas meminta Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sultra bersama unsur satgas penanganan bencana selalu siap siaga. Tidak hanya personil, namun juga peralatan pendukung. Dengan kondisi cuaca saat ini, musibah sewaktu-waktu bisa terjadi.

“Semuanya harus siaga. Pastikan, kesiapan personil dan peralatan. BPBD harus mengintensifkan koordinasi dengan unsur terkait lainnya termasuk dengan pemerintah kabupaten/kota. Selain itu, pantau terus perkembangan cuaca Badan Metereologi dan Geofisika (BMKG),” kata Wagub. Di sisi lain lanjut mantan Sekretaris Provinsi (Sekprov) Sultra ini, armada pelayaran harus hati-hati. Jika kondisi tak memungkinkan, jangan memaksa untuk berlayar. Ia meminta otoritas pelabuhan tak segan-segan mengambil keputusan tak mengeluarkan izin berlayar. Begitupun dengan masyarakat nelayan.

“Ini sudah ada imbauan dari BMKG. Kita di wilayah Sultra apalagi yang ada di laut Banda diminta mewaspadai gelombang laut yang cukup tinggi. Selain itu, waspadai pula angin kencang. Demikian halnya di wilayah daratan yang merupakan daerah rawan banjir dan tanah longsor seperti Konawe, Konawe Selatan (Konsel), Kolaka Timur (Koltim), Konawe Utara (Konut) dan Kendari,” jelasnya.

Untuk penanganan bencana, Pemprov telah mengalokasikan anggaran. Selain yang melekat di instansi terkait, Pemprov juga menyiapkan dana konvergensi. “Saya kurang tahu pasti angkanya. Kalau di BPBD di atas Rp 2 miliar. Belum lagi, back up anggaran OPD lain termasuk Dana Tidak Terduga. Kami ingin pastikan semua persiapan pelaksanaan tanggap darurat siap,” katanya.

Kepala Seksi Observasi dan Informasi Stasiun Meteorologi Maritim Kendari, Adi Istyono mengatakan pola angin umumnya bertiup dari Barat Laut sampai Timur Laut dengan kecepatan 2 sampai 2,5 knot hingga 22 Januari. Kecepatan angin tertinggi terpantau di wilayah Laut banda Timur Selatan, perairan Baubau dan perairan Wakatobi yang memicu tinggi gelombang 2,5 meter. “Tidak hanya armada laut dan nelayan, masyarakat yang tinggal di daerah pesisir harus waspada terjadinya pasang,” imbaunya. (b/rah)

Daerah Rawan Banjir dan Tanah Longsor
Konawe
Konawe Selatan
Kolaka Timur
Konawe Utara
Kendari

Gelombang Tinggi
-Perairan Timur Sultra (Laut Banda)
-Perairan Wakatobi
-Perairan Baubau

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy