Warga Tolak Rencana PT BGM Gunakan Handak – Kendari Pos
Konawe Utara

Warga Tolak Rencana PT BGM Gunakan Handak

KENDARIPOS.CO.ID — Rencana pemilik izin usaha pertambangan (IUP) berbendera PT Bharata Gracia Minerindo di Desa Bandaeha, Kecamatan Molawe, Kabupaten Konawe Utara (Konut) untuk menggunakan bahan peledak (Handak) dalam mengekploitasi tambang batu, mendapat penolakan dari warga. “Kami sebagai masyarakat Desa Bandaeha sekaligus pemilik lahan tentu dengan tegas menolak penggunaan bahan peledak dari PT BGM untuk kepentingan eksploitasi,” tegas Perwakilan Warga Desa Bandaeha, Dr. Mandala Bakti.

Rencana PT BGM menggunakan bom untuk meledakan gunung batu Ulu Bandaeha di Desa Bandaeha, Kecamatan Molawe mendapat penolakan warga setempat. Tampak kawasan dan perlengkapan bahan peledak pihak perusahaan

Di areal lokasi penambangan PT BGM telah termobilisasi zat kimia atau bahan peledak untuk meledakkan gunung batu Ulu Bandaeha. “Rencana penggunaan bahan peledak tentu berdampak pada keamanan dan ketertiban masyarakat. Hingga kehancuran lingkungan dan manusia di areal konsesi IUP, tanpa meperhatikan kajian akademik dan analisis dampak lingkungan,” sorot Mandala Bakti.
Apalagi lokasi pembangunan industri penambangan batu berada di tengah kawasan perkebunan milik warga Desa Bandaeha. Tentunya akan berimplikasi negatif dengan polusi debu, asap hingga getaran yang ditimbulkan dari penggunaan bahan peledak nantinya.

“Kami mendesak pada pemerintah melalui intansi terkait untuk melakukan peninjauan sebelum terlambat. Karena ini berhubungan dengan keselamatan warga Desa Bandaeha,” pintanya.
Sementara itu Ketua Komisi II DPRD Konut, Rabiudin Aspa, telah mendapatkan informasi PT BGM akan melakukan pemboman batu gunung di Desa Bandaeha. “Rencana sore ini kita turun inspeksi mendadak di lokasi PT BGM, berdasarkan laporan yang masuk ke DPRD. Nanti hasilnya kami sampaikan,” ujarnya, kemarin.

Sayangnya, Direksi PT BGM, Kris, yang hendak dikonfirmasi terkait penggunaan Handak untuk kepentingan eksploitasi tambang batu, tak memberi jawaban. (b/min)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy