Warga Sadar Politik, Pilkada Sukses – Kendari Pos
Politik

Warga Sadar Politik, Pilkada Sukses

KENDARIPOS.CO.ID — Meski di tengah wabah, pilkada tujuh kabupaten di Sultra tetap sukses. Angka partisipasi pemilih di tujuh kabupaten melampaui target nasional yang hanya 75,5 persen. Tak ada klaster baru di pesta demokrasi dan tercepat se-Indonesia melakukan penghitungan suara dengan aplikasi sirekap.

Ketua KPU Sultra La Ode Abdul Natsir Muthalib

Ketua KPU Sultra La Ode Abdul Natsir Muthalib mengatakan, suksesnya pilkada karena sinegisitas KPU, Bawaslu, kepolisian, masyarakat dan media massa. Partisipasi pemilih di tujuh kabupaten melampaui target KPU RI 75,5 persen. Pencapaian tersebut merupakan output kerja KPU kabupaten yang bergerak maksimal menjalankan tugas-tugas penyelenggaraan pilkada.

Misalnya, menepis kekhawatiran pemilih tentang paparan wabah saat ke Tempat Pemungutan Suara (TPS). Itu tak lepas dari intensitas sosialisasi penerapan protokol kesehatan ketat di area TPS. Termasuk dukungan media massa yang intens memberitakan, sangat berefek menyentuh kesadaran masyarakat untuk berpatisipasi dalam pemungutan suara.

“Angka partisipasi tinggi pemilih tahun ini, menunjukkan pemilih Indonesia loyal dan kooperatif terhadap agenda elektoral. Kondisi pandemi, ternyata tak menghalangi pemilih untuk menyalurkan hak pilihnya. Ini adalah modal kekuatan demokrasi kita,” kata Ojo-sapaan akrab La Ode Abdul Natsir, Minggu (3/1).

Di antara pilkada 2015, 2017, dan 2018 yang paling tinggi partisipasi pemilih adalah tahun 2020 ini. “Keadaan ini mesti dirawat dan terus ditumbuhkan. Agar pada kegiatan pemilihan di masa yang akan datang bisa lebih meningkat lagi,” ujarnya.

Ojo mengatakan penerapan aplikasi sirekap baru diterapkan pada pilkada 2020. Hasilnya tujuh Kabupaten yang pilkada menjadi tercepat menuntaskan perhitungan suara melalui aplikasi Sirekap. “Pencapaian lainnya yaitu nihil pemungutan suara ulang. Ini semua lahir dari kerja penyelenggara bersama stakeholder secara tepat dengan tingkat disiplin dan prefesional yang baik,” tandasnya. (ali/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Most Popular

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy