Wali Kota Sertifikatkan 34 Aset Pemkot – Kendari Pos
Metro Kendari

Wali Kota Sertifikatkan 34 Aset Pemkot

KENDARINEWS.COM — Wali Kota Kendari, H Sulkarnain Kadir terus mengamankan aset Pemkot dari klaim pihak lain. Tak heran, ia begitu getol mempercepat pendaftaran dan pensertifikatkan tanah milik daerah. Di penghujung 2020 lalu, Pemkot melegalkan sebanyak 34 aset (tanah) milik daerah ke Badan Pertanahan Negara (BPN). Capaian itu merupakan sebuah prestasi. Sebab biasanya, hanya 1 s.d 5 aset yang mampu disertifikatkan tiap tahunnya. “Saya kira, ini cukup signifikan. Tetapi kami tidak akan berhenti sampai di sini. Kita berharap tahun depan masih banyak lagi yang disertifikatkan,” kata Sulkarnain kemarin.

Bersadarkan Data Badan Keuangan dan Aset Daerah (BKAD), dari 1.176 bidang tanah milik pemkot, baru sekitar 229 bidang yang tersertifikat. Adapun sisanya sebanyak 947 bidang masih dalam proses pengajuan di BPN Kota Kendari. “Skema penyelesaiaannya pertama kita ajukan ke BPN. Kita serahkan surat keterangannya, kemudian kami tunjukkan titik kordinatnya. Mudah-mudahan tahun ini bisa sampai 100 sertipikat dikeluarkan. Sebab, masih banyak aset Pemerintah Kota Kendari yang harus kita sertifikatkan supaya aman dari sisi hukum, dan aman dari sisi administrasi,” kata Sulkarnain.

Terpisah, Kepala BPN Kota Kendari Herman Saeri mengaku akan mendukung penuh proses legalitas aset tanah milik pemkot. Dia pun memastikan tahun ini akan melakukan verifikasi terhadap sejumlah aset pemkot untuk disertipikatkan. “Kalau dokumen dan berkas pendukungnya lengkap maka kita akan langsung sertipikatkan. Ini adalah komitmen kami untuk menyelamatkan semua aset negara dan untuk mencegah potensi sengketa tanah serta untuk memberpaiki tata kelola aset daerah khususnya di Kota Kendari” tandasnya.

Sekedar informasi, sebanyak 34 bidang tanah yang disertifikatkan tersebut mencakup lahan kosong dan lahan dengan bangunan fasilitas umum seperti sekolah dan perkantoran. Pemkot Kendari secara bertahap berusaha melengkapi dokumen kepemilikan sejumlah bidang tanah tersebut agar bisa disertipikatkan. (b/ags)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy