Wali Kota Gagas ATM Beras dan Telur, Bantu Warga Terdampak Covid-19 – Kendari Pos
Metro Kendari

Wali Kota Gagas ATM Beras dan Telur, Bantu Warga Terdampak Covid-19

KENDARIPOS.CO.ID — Wabah Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) masih menjadi pandemi di wilayah Indonesia tak terkecuali di Kota Kendari. Dampaknya, sebagian besar warga kesulitan untuk memenuhi kebutuhan sehari-harinya. Atas dasar itu, Pemkot Kendari menggagas program ATM Beras dan Telur. Upaya itu diharapkan bisa meringankan beban warga selama masa pandemi ini.

Wali Kota Kendari, Sulkarnain Kadir mengungkapkan ide ATM Beras dan Telur berasal dari buah pemikiran mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) Universtas Muhammadiyah Kendari (UMK) yang kemudian diresponnya dengan kerja sama dalam menghadirkan alat (prototipe) ATM Beras dan Telur.

“Kita sudah membuat prototipenya. Sudah selesai. Sisa diaunching. Tapi ini masih pilot project. ATM beras dan ATM telur kita akan tempatkan dulu di suatu masjid sebagai contoh. Jika berhasil tentu kita akan terapkan pada masjid yang lain,” kata Sulkarnain Kadir.

Nantinya kata Sulkarnain, masyarakat yang ingin bersedekah, baik beras maupun telur, bisa langsung menghubungi panitia masjid terkait untuk menampung sejumlah bantuan (beras dan telur) pada wadah (ATM) yang telah disiapkan. Sehingga, jika ada warga yang benar-benar kesulitan memenuhi kebutuhan hidupnya utamanya para fakir miskin, itu bisa langsung menjangkaunya.

“Jadi nanti masjid itu hadir tidak hanya berfungsi sebagai tempat ibadah. Akan tetapi juga berfungsi sosial. Artinya masyarakat fakir miskin di sekitar masjid itu nantinya bisa mengambil beras kebutuhannya di situ,” kata Sulkarnain.

Ketua Dewan Masjid Kota Kendari ini berharap, hadirnya ATM beras dan telur bisa mengakomodir kebutuhan pangan fakir miskin di masa pandemi ini. “Kita ingin kebutuhan makan mereka terpenuhi. Kan ada pesan agama bahwa kita termasuk orang zalim ketika kita tidur dalam kondisi kenyang sementara ada saudara kita atau tetangga kita yang dalam keadaan kelaparan. Hadis ini yang coba kita implementasikan dalam ATM beras dan ATM telur ini,” pungkasnya. (b/ags)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy