Wagub Beri Sinyal Lelang Jabatan – Kendari Pos
Metro Kendari

Wagub Beri Sinyal Lelang Jabatan

KENDARIPOS.CO.ID — Meski telah berjalan dua tahun, komposisi kabinet Ali Mazi-Lukman Abunawas (AMAN) belum final. Hingga kini, jabatan eselon II masih banyak yang dijabat pelaksana tugas (Plt). Setidaknya, ada delapan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang belum memiliki pejabat definitif. Jumlah itu kemungkinan bisa bertambah. Pasalnya, ada beberapa pejabat eselon II yang akan memasuki masa pensiun tahun 2021.

Wakil Gubernur (Wagub) Sultra, Lukman Abunawas tak menepis kondisi itu. Atas dasar itu, Pemprov Sultra berencana melakukan lelang jabatan tahun ini. Apalagi aturan membatasi masa jabatan Plt paling lama hanya setahun. Sementara ada beberapa Plt yang menjabat hampir setahun.

Lukman Abunawas

“Kita sudah pikirkan untuk menggelar seleksi. Soalnya, cukup banyak OPD yang belum memiliki pejabat definitif. Apalagi beberapa pejabat yang akan segera purnabakti seperti di Biro Umum dan Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD),” kata Lukman Abunawas saat ditemui di ruang kerjanya, Senin (18/1).

Untuk pelaksanaan assesment atau lelang jabatan lanjut Sekretaris Provinsi (Sekprov) Sultra, harus dikoordinasikan dengan gubernur Sultra. Sebab itu sudah menjadi hak prerogatif gubernur. Apakah melalui lelang jabatan atau jobfit. Yang pastinya, pihaknya berusaha delapan OPD yang kini masih dijabat Plt bisa memiliki pejabat definitif tahun ini.

“Hasil asesment kemarin (lelang jabatan lalu) tak bisa dijadikan acuan. Sebab masa asessment hanya berlaku setahun. Selain itu, jabatan yang diduduki juga berbeda. Jadi, mereka yang masuk tiga besar tetap harus melalui proses lelang dari awal,” jelas mantan Bupati Konawe dua periode ini.

Bagaimana dengan pejabat eselon II yang dinonaktifkan? Lukman mengaku sudah clear. Pemprov telah menindaklanjuti rekomendasi Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN). Namun mereka tak lagi menduduki jabatan struktural namun lebih jabatan fungsional. Itupun hanya bagi pejabat yang belum pensiun. (b/rah/mal)

OPD yang Dijabat Plt
-Dinas Kehutanan
-Dinas Lingkungan Hidup
-Dinas Kesehatan
-Dinas Tanaman Pangan dan Peternakan
-Biro Pemerintahan
-Dinas Perumahan dan Pertanahan
-Dinas Pemuda dan Olahraga
-Biro Organisasi dan Tata Laksana

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy