Waduk Pengendali Banjir Segera Difungsikan – Kendari Pos
Metro Kendari

Waduk Pengendali Banjir Segera Difungsikan

KENDARIPOS.CO.ID — Potensi banjir di Kota Kendari kini bisa diminimalisir. Pembangunan waduk pengendali banjir atau kolam retensi di Daerah Aliran Sungai (DAS) Wanggu telah rampung. Dalam waktu dekat, infrastruktur senilai Rp 22,8 miliar bakal diresmikan. Hadirnya kolam retensi ini mampu mereduksi banjir di musim penghujanan.

Kepala Balai Wilayah Sungai (BWS) Sulawesi IV Kendari, Haeruddin C Maddi mengungkapkan kolam retensi sungai Wanggu sudah tuntas pembangunannya sejak 28 Desember lalu. Saat ini, tinggal menunggu peresmian dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (KemenPUPR). “Sudah selesai. Tinggal finishing dan siap digunakan di musim hujan tahun ini,” ujarnya.

KOLAM RETENSI : Pengerjaan kolam retensi di Daerah Aliran Sungai (DAS) Wanggu di Jalan Boulevard, Kendari. Dalam waktu dekat, infrastruktur senilai Rp 22,8 miliar bakal diresmikan.

Masa pengerjaan proyek pembangunan kolam retensi sambungnya, selama 287 hari kalender. Tepatnya, dimulai 17 Maret s.d 28 Desember 2020. Waduk pengendali banjir ini memiliki dua kolam yaitu Kolam Retensi Hulu dan Kolam Retensi Hilir. Kedua kolam tersebut memiliki kemampuan mereduksi banjir. “Debit puncak banjir yang dapat dipotong adalah sebesar 51.5 m3/detik,” ungkapnya.

Kolam Retensi Hulu kata dia, dibangun seluas 3 hektar dengan tampungan sebesar 60 ribu meter kubik air dengan konsep natural yang berbasis ramah lingkungan. Sementara kolam Retensi Hilir, luasnya 5,9 hektar dengan tampungan sebesar 177 ribu meter kubik air. Menariknya, kolam retensi hilir bisa jadi lokasi wisata baru karena bersebelahan dengan pusat industri meubel milik Dinas Industri dan Perdagangan Kota Kendari.

“Kolam retensi ini memiliki fasilitas untuk ruang sosial dan sarana prasarana olahraga seperti jogging track. Sebab, tanggul keliling dibuat dengan dua tipe yakni dengan Revetment pasangan baru dan Frame beton bertulang K-225 serta serta dibangun dengan dinding penahan tanah,” ungkapnya.

Wali Kota, Kendari Sulkarnain Kadir menyambut baik rampungnya pembangunan kolam retensi sungai wanggu. Dia meyakini kolam seluas 9 hektar itu setidaknya bisa menghilangkan memori kelam pada 2013 lalu. Di mana 70 persen wilayah kota Kendari dilanda banjir setinggi 1 meter.

“Semoga kolam retensi sungai wanggu bisa mereduksi banjir di Kendari terutama pada daerah yang termasuk kawasan rawan banjir dan genangan di Kota Kendari yakni sebanyak 44 lokasi seluas 4.140 hektar yang tersebar pada enam Kecamatan. Rincian sangat rawan 145 hektar, rawan 39 hektar dan sisanya 3.956 hektar kategori sedang,” kata Sulkarnain. (b/ags)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy