Wabup Jadi yang Pertama – Kendari Pos
Buton

Wabup Jadi yang Pertama

KENDARIPOS.CO.ID — Program vaksinasi Covid-19 di Sulawesi Tenggara (Sultra) sudah dimulai beberapa waktu lalu di Kendari. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buton pun mulai bersiap untuk melakukan hal sama. Bupati Buton, La Bakry, memimpin rapat persiapan kegiatan vaksinasi itu di kawasan perkantoran Takawa, Senin (18/1). Bupati mengatakan hingga saat ini peralatan vaksin memang belum sampai di Buton. Pihak Dinkes masih menunggu instruksi dari Pemprov Sultra untuk menjemput anti bodi tersebut. La Bakry juga memastikan jika dirinya tidak akan disuntik vaksin, sebab tidak memenuhi syarat. “Saya tidak ikut, karena sudah pernah terpapar,” katanya.

Olehnya itu, vaksinasi akan diawali oleh Wakil Bupati Buton, Iis Elianti, Sekretaris Kabupaten, Laode Zilfar Djafar, para pejabat lainnya juga unsur Forkopimda. “Ibu Wakil siap jadi yang pertama, Pak Sekab, Kepala OPD, dan tokoh pemuda, DPRD juga, kita akan bersama-sama saat launching awal Februari nanti,” kata La Bakry. Ada 15 orang pejabat di Buton yang rencananya akan diberikan suntik vaksin termasuk juga Ketua DPRD, Kapolres, Kajari para Asisten, Ketua TP PKK Buton, dan sejumlah kepala dinas. “Jadi ini semua tolong persiapkan dengan matang. Di pusat, di provinsi sudah dilaksanakan, sudah terbukti aman,” ajaknya.

BPOM sebagai lembaga resmi negara yang mengawasi obat dan makanan sudah mengeluarkan lampu hijau keamanan vaksin tersebut. MUI juga sudah melabeli halal vaksin itu. “Vaksin sinovac ini aman, sudah diteliti BPOM yakin mereka kerja profesional. Selain aman, halal juga,” tambahnya dalam rapat yang turut dihadiri Kapolres Buton, AKBP Gunarko serta Forkopimda lainnya, Ketua IDI, Ketua MUI, tokoh agama, pemuda dan para pejabat Pemkab.

Melalui kesempatan itu, Bupati Buton juga menginstruksikan jajarannya, termasuk para camat untuk menyosialisasikan pentingnya vaksin. Diakuinya banyak beredar berita hoax tentang vaksin sehingga menimbulkan ketakutan bagi masyarakat. “Kita semua punya kewajiban untuk menyosialisasikan ini. Tapi diingatkan juga masyarakat, jangan juga ada vaksin lalu tidak waspada lagi dengan covid,” pintanya. Di Buton sendiri, ada 600 petugas kesehatan yang akan menjadi garda pertama program vaksinasi itu. (b/lyn)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy