Vaksinasi Nakes Dijadwal 15 Januari, Tahap Awal Sultra Kebagian 20.400 Dosis

KENDARIPOS.CO.ID — Vaksin covid-19 bakal segera didistribusi. Pada tahap awal, Sultra kebagian 20.400 dosis vaksin. Hari ini atau tanggal 4 Desember vaksinnya mulai dikirim. Sesuai rencana pemerintah pusat, vaksinasi akan dilakukan tanggal 15 Januari dan diperuntukan bagi masyarakat yang rentan terpapar covid-19 seperti tenaga kesehatan (Nakes).

Plt Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Sultra, Hj. Usnia mengatakan vaksinasi akan dimulai bulan Januari. Namun pihaknya tetap menunggu laporan dari pemerintah pusat. Sebab kemungkinan masih bisa diubah. “Senin 4 Januari vaksinnya akan dikirim. Untuk total pengiriman pertama sekira 20.400 dosis vaksin di awal,” ungkapnya. Saat ini, pihaknya masih terus melakukan pendataan tenaga kesehatan yang bakal menerima vaksin. Sebab yang menjadi prioritas divaksin pertama adalah tenaga kesehatan serta TNI-Polri.

“Saya belum bisa pastikan jumlah yang akan divaksin. Sebab kami juga masih melakukan pendataan. Kalau berdasarkan data kita, jumlah Nakes di Sultra itu sekira 23.234 orang. Sementara untuk data TNI/Polri belum masuk. Jadi, kita data di Nakes dulu, kalau rampung baru kita data lagi yang lain,” bebernya.

Vaksin yang akan datang sambungnya, terlebih dahulu akan disimpan di Dinkes Sultra. Hal ini sambil menunggu informasi dari pusat menyangkut sistem pendistribusiannya. “Kami masih menunggu informasi itu. Kalau khusus penyimpanan vaksin, kami sudah memiliki cold room. Satu di provinsi dan satu di Konawe Selatan (Konsel) Tapi untuk cold chain vaksin semua daerah sudah ada. Untuk anggaran penyaluran vaksin, kita sudah siapkan anggaran Rp. 500 juta,” jelasnya. Semua data terkait vaksinasi kata dia, terus di-update. Mereka yang akan divaksin akan mendapatkan pesan langsung dari pusat. “Kita masih akan melakukan sosialisasi ke masyarakat. Hanya saja, belum tahu seperti apa. Sebab semuanya kan kita tetap mengikuti arahan pemerintah pusat,” pungkasnya. (c/rah)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *