Vaksin Mendarat di Sultra, Nakes Prioritas Vaksin Pertama – Kendari Pos
HEADLINE NEWS

Vaksin Mendarat di Sultra, Nakes Prioritas Vaksin Pertama


KENDARIPOS.CO.ID — Pemprov Sultra terus berupaya menekan angka penyebaran pandemi Covid-19. Tak sekadar menggaungkan protokol kesehatan (Prokes), Pemprov Sultra mendatangkan vaksin. Sekira 20.400 dosis vaksin Covid-19 merek Sinovac Biotech dari PT.Bio Farma mendarat di Bandar Udara Halu Oleo, Selasa (5/1) kemarin.

Vaksin dijemput Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Sultra, Nur Endang Abbas dan Plt Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sultra, Usnia, serta dikawal ketat 200 personel gabungan TNI dan Polri.

Sekprov Sultra, Nur Endang Abbas mengatakan, penggunaan vaksin ini bakal di prioritaskan bagi tenaga kesehatan (Nakes). Sebagai garda terdepan pencegahan penyebaran Covid-19, mereka sangat perlu mendapat vaksin. “Jumlah vaksin yang datang hari ini 20.400 vaksin karena setiap orang dua kali pemberian, sehingga ini akan digunakan 10.200 nakes,” ujar Nur Endang Abbas kepada Kendari Pos, Selasa (5/1) kemarin.

Nur Endang Abbas menjelaskan vaksinasi merupakan program nasional yang wajib dilaksanakan seluruh pemprov. Vaksin-vaksin itu akan di distribusikan ke 17 kabupaten dan kota di Sultra. Pemprov menunggu petunjuk pemerintah pusat terkait pendistribusiannya. “Kami masih menunggu mekanisme penyaluran yang akan dilakukan secara nasional. Kita juga menunggu koordinasi lebih lanjut dari BPOM,” ungkapnya.

Menurut Endang, meski sudah dipastikan akan memprioritaskan nakes, namun Pemprov Sultra sedang mendata jumlah nakes yang akan divaksinasi Covid-19. Saat ini telah terdata 23.234 Nakes di Sultra. Jumlah itu masih akan diverifikasi lagi.

Sementara itu, Plt Kepala Dinkes Sultra, Hj. Usnia mengatakan, untuk prioritas
vaksinisasi adalah 17 ribu tenaga kesehatan yang tersebar di 17 kabupaten se Sultra. Data itu telah masuk di Kementerian Kesehatan (Kemenkes). “Ada sekira 23.234 tenaga medis kita di Sultra, namun yang akan mendapat (vaksin) awal berjumlah 17 ribu orang,”tutur Usnia.

Penggunaan vaksin merujuk pada petunjuk teknis dari Kemenkes. Terkait penyimpanan vaksin, Dinkes Sultra memiliki cold room khusus penyimpanan vaksin.
“Kita akan ada sosialisasi ke masyarakat terkait vaksinasi ini.Semoga dengan adanya vaksin ini pandemi bisa segera berakhir,” pungkas Usnia. (rah/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Most Popular

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy