Usulan BSPS Belum Direspon – Kendari Pos
Buton

Usulan BSPS Belum Direspon

KENDARIPOS.CO.ID — Tahun 2020 lalu, sebanyak 180 kepala keluarga (KK) di Kabupaten Buton dapat membedah rumahnya menjadi nyaman dan layak huni. Itu berkat program bantuan stimulan perumahan swadaya (BSPS) yang diberikan Kementrian Pekerjaan Umum Dan Perumahan Rakyat (KemenPU-PR). Jumlah itu memang masih sedikit dibanding dengan jumlah warga yang membutuhkan. Oleh karena itu, tahun ini Pemkab Buton melalui leading sektor perumahan kembali mengusulkan program serupa ke Pemerintah Pusat. Sayangnya, hingga kini usulan tersebut belum mendapat respon.

Plt. Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman Kabupaten Buton, Nurul Kudus, mengatakan, biasanya setiap bulan pertama (Januari) tahun berjalan, pihaknya sudah menerima surat resmi dari kementerian terkait persetujuan program BSPS itu. Namun kali ini sedikit berbeda, karena hingga pengujung bulan, informasi tersebut belum diterima. “Harusnya Januari ini seperti tahun-tahun sebelumnya. Tapi ini belum ada,” katanya.

Plt. Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman Kabupaten Buton, Nurul Kudus.

Meski belum mendapat info, Ia mengaku optimis Buton tetap mendapat jatah. Hanya saja soal jumlahnya tetap harus menunggu SK resmi untuk diteruskan ke masyarakat. “Kalau lisan kita sudah dengar bahwa akan ada. Tapi supaya lebih yakin kita tunggu saja resminya. Agar masyarakat juga menerima informasinya juga valid,” tambah Nurul Kudus.

Ia menyampaikan, pihaknya sudah mengusulkan sebanyak-banyaknya rumah warga kurang mampu yang membutuhkan sentuhan pemerintah. “Kita usulkan melalui aplikasi Krisna. Datanya saya cek dulu baru bisa ingat berapa itu,” terangnya. Untuk diketahui program BSPS akan menyiapkan dana Rp 17,5 juta bagi setiap KK. Dana diperuntukan bagi peningkatan perumahan, Rp 15 juta untuk bahan bangunan, sisanya jasa kerja. Sumber anggarannya dana alokasi khusus dan diturunkan dalam dua tahap. Pertengahan dan akhir tahun. (c/lyn)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy