Urai Permasalahan Warga, PA Andoolo Buka Kerjasama dengan Instansi Terkait di Konsel – Kendari Pos
Konawe Selatan

Urai Permasalahan Warga, PA Andoolo Buka Kerjasama dengan Instansi Terkait di Konsel

KENDARIPOS.CO.ID– Pengadilan Agama (PA) Andoolo, membuka kerjasama dengan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kabupaten Konawe Selatan (Konsel) guna mengurai permasalahan hukum yang terjadi di wilayah tersebut. Hal itu disampaikan Ketua PA Andoolo, Ahmad Imron, SHI., MH., kepada peserta Rapat Koordinasi antara OPD dan Pengadilan Agama di Ruang Pertemuan Sekda Konsel, Kamis, 07 Januari 2021.

Rakor yang secara khusus membahas tentang problematika sosial terkait tingginya angka perceraian, perkawinan di bawah umur dan problem kemasyarakatan lain di wilayah Konsel dipimpin oleh Sekretaris Daerah Konsel, Ir. Drs. H. Sjarif Sajang M.Si.

Terkait tingginya angka perceraian yang menyangkut aparat Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkungan Pemda Konsel, Ahmad Imron, mengaku siap menjalin komunikasi dengan Badan Kepegawaian Daerah (BKD) soal prosedur izin atasan dan upaya optimalisasi mediasi baik oleh BKD sebelum diproses di persidangan maupun saat proses persidangan melalui mediasi di Pengadilan.

“Kalau mengenai perkawinan di bawah umur, pemerintah melalui Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) hadir memberikan pencerahan, bimbingan bahkan pendampingan kepada para pemohon dispensasi maupun keluarganya agar para pihak tersebut lebih memahami akan risiko pernikahan di usia dini,” terangnya.

Menanggapi tawaran Ketua PA Andoolo, Sekda Konsel Sjarif Sajang langsung memerintahkan kepada Dinas PPPA untuk melakukan langkah konkrit dengan membuat MoU dengan Pengadilan Agama Andoolo mengenai masalah tersebut. Begitu juga kepada BKD, Dukcapil dan OPD terkait permasalah perceraian dan perkawinan di bawah umur, H. Sjarif Sajang menghimbau untuk melakukan jalan serupa demi pelayanan terbaik bagi masyarakat Konsel. ” Saya berharap rakor kali ini ditindaklanjuti dengan aksi yang konkrit antar instansi terkait,” tutupnya. (rls/ags)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Most Popular

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy