Tujuh Perda Ditetapkan – Kendari Pos
Konawe Selatan

Tujuh Perda Ditetapkan

KENDARIPOS.CO.ID — Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Konawe Selatan (Konsel) bersama Pemerintah Kabupaten (Pemkab) baru saja menetapkan tujuh dokumen rancangan peraturan daerah (Raperda) menjadi produk hukum. Penetapan Perda itu berlangsung di aula parlemen Konsel dan dipimpin DPRD, Irham Kalenggo, serta dihadiri langsung Bupati, H. Surunuddin Dangga. Sebelum disahkan menjadi Perda, pohak DPRD menyampaikan pandangan akhir terhadap tujuh Raperda tersebut. Ketua Fraksi PAN, Nadira, SH, yang mewakili koleganya di legislatif merinci, salah satu Raperda tersebut adalah tentang penanggulangan Covid-19. Sebagai salah satu bencana nonalam, maka perlindungan pada masyarakat dilakukan dengan tindakan pencegahan dan mitigasi.

“Kedua, Raperda pokok-pokok pengelolaan keuangan daerah yang perlu sinkronisasi dengan program dan kegiatan rencana kerja serta anggaran satuan kerja perangkat daerah (RKA-SKPD),” jelasnya. Ketiga, lanjut mantan Wakil Ketua DPRD Konsel itu adalah Raperda barang milik daerah. Dokumen hukum tersebut bertujuan mengatur pencatatan dan inventarisasi barang milik daerah yang berada dalam penguasaan, dalam bentuk database spasial, dilengkapi dengan koordinat geografi objek.

Selanjutnya, Raperda lahan pertanian pangan berkelanjutan. Penetapan lahan pertanian pangan, sebagai lahan pertanian pangan harus dilakukan dengan melihat kondisi eksisting.

“Meliputi perencanaan luas baku lahan, sebaran lokasi lahan pertanian pangan berkelanjutan dan kegiatan penunjangnya,” sebutnya.
Kelima, masih kata Nadira, Raperda pengendalian penduduk dan penyelenggaraan keluarga berencana. Ia menyebut perancangan program kampung KB harus mendapatkan intervensi/perlakuan yang berbeda dengan kampung non KB, utamanya dalam menciptakan ketahanan keluarga, pemberdayaan dan pada kegiatan lintas sektor lainnya.

“Untuk Raperda pencegahan, pemberantasan penyalahgunaan dan peredaran gelap narkotika. Dilakukan untuk membangun sarana dan prasarana sumber daya manusia, pusat informasi dan edukasi tentang penanggulangan penyalahgunaan narkotika, psikotropika dan zat adiktif lainnya. “Terakhir Raperda pencegahan perkawinan usia dini. Pemkab Konsel dalam upaya penerapan kebijakan pencegahan perkawinan pada usia anak harus menyinergikan dan mempertimbangkan kearifan lokal sebagai masukan dalam perancangan kebijakan daerah,” tutup politisi PAN tersebut.

Ketua DPRD Konsel, Irham Kalenggo, berharap, ketujuh buah Perda yang baru saja ditetapkan tersebut dapat dijalankan sebagaimana mestinya. “Kita harapkan ke depan, dengan ditetapkannya ketujuh Perda itu bisa menjadi dasar hukum Pemkab dalam menjalankan program pembangunan daerah,” pintanya.

Dikesempatan itu, Bupati Konsel, H. Surunuddin Dangga menyampaikan apresiasi dan terima kasih pada pihak DPRD yang terus bersinergi bersama Pemkab untuk kemajuan daerah. “Karena dalam masa pandemi dan Pilkada ini, Pemkab dan DPRD telah berhasil mengeluarkan tujuh Perda yang akan menjadi acuan ke depan dalam mendukung pembangunan Desa Maju Konsel Hebat,” timpal Surunuddin Dangga. (b/kam)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy