Titik Bencana Diidentifikasi, Warga Diminta Siaga – Kendari Pos
Buton

Titik Bencana Diidentifikasi, Warga Diminta Siaga

KENDARIPOS.CO.ID — Intensitas hujan mulai meninggi, belakangan ini. Sejumlah wilayah sudah terendam banjir, tidak terkecuali di Sulawesi Tenggara (Sultra). Seluruh elemen pemerintah dan masyarakat diimbau waspada menghadapi anomali cuaca saat ini. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buton pun kini melakukan hal yang sama. Bersiap diri mengantisipasi dan menangani bencana banjir. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) sudah mengidentifikasi titik rawan bencana untuk mendapat perhatian lebih.

Kepala Pelaksana BPBD Buton, Manafu, mengatakan pihaknya saat ini terus melakukan pantauan intens di sejumlah titik yang dianggap rawan bencana banjir dan longsor. “Yang potensi rawan banjir di Kecamatan Lasalimu, ada dua titik. Desa Lasembangi dan Lawele. Kemudian Desa Walowa Baru di Kecamatan Wolawa. Kalau Kapontori ada desa Mabulogo dan Wakalambe,” sebutnya.

Manafu

Menurutnya, berbeda dengan wilayah lain di Sultra yang hutan gundul sebagai pemicu banjir, di Buton, sesuai pantauan lapangan penyebabnya karena pendangkalan sungai. “Banyak pohon mati lalu tumbang dan menghambat aliran air. Itu masalahnya. Kemudian masyarakat juga tolong jangan buang sampah ke kali,” imbau Manafu. Untuk itu, Ia mengaku sudah menyampaikan langsung ke para camat untuk intens melakukan kerja bakti membersihkan kali di wilayahnya masing-masing. “Sudah kita sampaikan, rutin kerja bakti bisa menjadi solusi tepat,” sambungnya.

Sementara untuk ancaman bencana longsor, titik yang teridentifikasi hanya di Kecamatan Wolowa. Itu pun titiknya bukan di pemukiman warga. Tetapi itu juga harus diwaspadai bagi mereka yang beraktivitas di sekitarnya. “Tahun lalu ada longsor di Wolowa, di bagian tebing-tebing tinggi. Ini harus kita berjaga-jaga juga,” pintanya.

Mantan Kepala Bagian Pemerintahan Setkab Buton itu memastikan, pihaknya sudah membentuk tim siaga bencana pada tiap kecamatan. “Ada nomor kontak BPBD, sudah ada group yang digawangi Kabid Kesiapsiagaan, sehingga informasi bisa update kalau ada apa-apa,” pungkasnya. (b/lyn)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy