Tiga Titik Jalan Kabupaten Ditingkatkan – Kendari Pos
Buton

Tiga Titik Jalan Kabupaten Ditingkatkan

KENDARIPOS.CO.ID — Jalan kabupaten yang melingkari wilayah Buton sepanjang kurang lebih 450 kilometer. Dari jumlah itu baru 60 persen berstatus kondisi baik. Selebihnya masih rusak dan butuh peningkatan. Padahal, daerah eks Kesultanan Buton ini ada penghasil aspal terbesar dunia.

Menanggapi kondisi tersebut, Bupati Buton, La Bakry, mengakui jika sejumlah ruas jalan yang manjadi kewenangan daerah masih mengundang keluhan masyarakat. Kata dia, perbaikan jalan selalu menjadi prioritas. Hanya saja, keterbatasan anggaran juga menjadi kendala.

La Bakry

“Kalau hanya jalan yang kita urus, mungkin bisa selesai semua. Tapi ada hal lain juga yang begitu penting, pendidikan kesehatan, pemberdayaan dan lainnya,” argumentasi La Bakry, kemarin. Dia mengaku sudah menginstruksikan pihak Dinas Pekerjaan Umum agar data kerusakan jalan terus diupdate setiap tahun. Sehingga titik prioritas mudah ditentukan. 2021 ini, menurut bupati ada tiga titik yang dikerjakan. “Tahun ini tetap ada yang dikerja, kalau tidak salah itu di Waoleona dan di SP (Satuan Pemukiman) 1 Lasalimu Selatan. Ada juga Mantowu, tapi detailnya tanya pihak Dinas PU,” katanya.

Khusus Mantowu kata dia, akan ada pembukaan jalan baru dan pembangunan jembatan. Sehingga, pengaspalan secara keseluruhan bisa jadi baru bisa dilakukan akhir tahun atau bahkan 2022 mendatang. “Sebenarnya tahun ini kita ada proyek besar, jalan baru sepanjang 28 kilometer, itu dananya dari pinjaman. Kalau ini tuntas, efeknya besar. Makanya kita coba selesaikan ini dulu,” tambah Buton-1 tersebut. (b/lyn)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy