Terakreditasi A, Sekolah Kantongi 40 Persen Kuota SNMPTN – Kendari Pos
Edukasi

Terakreditasi A, Sekolah Kantongi 40 Persen Kuota SNMPTN

Suasana UTBK Seleksi bersama masuk perguruan tinggi yang dilaksanakan di UHO beberapa wektu lalu

KENDARIPO.CO.ID —Pendaftaran Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) di seluruh universitas negeri di Indonesia, termasuk Universitas Halu Oleo (UHO) segera dibuka. Seluruh Sekolah Menegah Atas (SMA) sederajat pun diimbau untuk memilih siswa yang eligible atau siswa yang dinyatakan layak mendaftar pada SNMPTN 2021 berdasarkan sekolah. Pasalnya, penentuan kuota SNMPTN 2021 berdasarkan status akreditasi sekolah.

Wakil Rektor I UHO, Dr. La Hamimu, mengungkapkan bahwa ada perbedaan pada seleksi SNMPTN 2021. Perbedaannya, yakni seluruh siswa jenjang SMA sederajat yang berada di tingkat akhir tidak bisa mendaftar semua pada jalur SNMPTN 202. Sebab, panitia seleksi Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) telah menetapkan kuota masing-masing sekolah yang bisa mendaftar pada jalur undangan ini.

“Kalau akreditasi sekolahnya berstatus A maka kesempatan untuk mendaftarkan siswanya ke jalur SNMPTN lebih besar,” terangnya, melalui telepon selulernya, kemarin.

Lanjut dia, penetapan kuota SNMPTN dimasing-masing sekolah telah diumumkan oleh LTMPT berapa hari lalu. Untuk sekolah yang memiliki nilai akreditasi A kuotanya sebesar 40 persen dari jumlah siswa tingkat akhirnya. Sedangkan untuk sekolah yang terakreditasi B sebesar 25 persen dan Sekolah yang terakreditasi C sebesar 5 persen. “Kalau dulu setiap sekolah bisa memasukkan atau mendaftarkan seluruh siswanya pada jalur undangan ini. Kalau tahun ini tidak lagi, sebab kuotanya sudah ditentukan,” katanya.

Untuk itu, pihaknya mengimbau agar seluruh sekolah yang ada di Sulawesi Tenggara (Sultra) khususnya, agar segera melakukan registrasi dan membuat akun LTMPT serta melengkapi data Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS) untuk menentukan siswa yang eligible sebagai peserta SNMPTN 2021.

“Saat ini sekolah sudah bisa melakukn registrasi akun LTMPT sampai pada 8 Februari mendatang. Sedangkan penetapan siswa yang eligible atau berhak oleh sekolah yakni pada 11 Januari-8 Februari dan pengisian PDSS pada 15-24 Februari mendatang,” imbuhnya.

Untuk besaran kuota SNMPTN UHO tahun 2021, pihaknya belum bisa menyebutkan. Sebab LTMPT belum meminta usulan daya tampun dari setiap universitas negeri termasuk UHO.

“Kita belum lakukan pengusulan, kalau nanti sudah kita usulkan akan dipublis,” tutupnya. (idh/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy