Tenaga Kesehatan Diminta Tetap Jaga Imun – Kendari Pos
Metro Kendari

Tenaga Kesehatan Diminta Tetap Jaga Imun

KENDARIPOS.CO.ID — Wali Kota Kendari, Sulkarnain Kadir mengingatkan seluruh tenaga kesehatan (nakes) yang telah menerima suntikan vaksin sinovac untuk tetap senantiasa menjaga imunitas tubuh dan berdisiplin prokes. Pasalnya, bukan menjadi jaminan setelah mendapatkan anti virus tersebut semua bisa terbebas dari covid-19.

“Memang vaksin yang diberikan efektifitasnya sudah mencapai 70 persen. Akan tetapi itu bertahap akan diberikan sehingga membentuk tambahn kekebalan tubuh yang sesungguhnya. Sehingga saya sarankan tetap untuk menjaga imunitas tubuhnya dengan mengkonsumsi makanan yang bergizi, minum vitamin, dan istirahat yang cukup,” tuturnya.

Selain itu, dia juga menyarankan nakes untuk tetap menerapkan protokol kesehata dalam menjalankan tugasnya. Sebab, nakes berhadapan langsung dengan masyarakat (pasien) yang berasa dari luar dan berpotensi menularkan covid-19. “Tetap patuhi protokol kesehatan 3M. Memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak (Physical Distancing). Itu salah satu cara yang efektif untuk memutus mata rantai penularan covid-19. Jangan karena sudah divaksin, lantas kita abai. Itu merugikan diri sendiri dan orang lain,” kata Sulkarnain Kadir.

Senada, Jubir Satgas Percepatan Penanganan Covid-19 Kendari dr Algazali Amirullah menyarankan seluruh elemen masyarakat yang sudah menerima vaksin tak terkecuali nakes untuk tetap mematuhi prokes. Pasalnya, vaksinasi covid-19 membutuhkan dua kali dosis penyuntikkan dan perlu waktu satu bulan untuk ciptakan imunitas. dr Algazali menjelaskan, suntikan pertama dilakukan untuk memicu respon kekebalan awal. Sedangkan untuk suntikan kedua adalah untuk menguatkan respon imun yang sudah terbentuk.

“Sehingga vaksin membutuhkan waktu sekira 14 – 28 hari setelah penyuntikkan kedua untuk membangun jumlah antibodi yang optimum supaya memberikan perlindungan yang maksimal. Jadi saya sarankan tetap jaga imun, jaga prokes dan jaga iman memohon perlindungan dan berdoa kita segera terbebas dari covid-19,” pungkasnya. (b/ags)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy