Tarung di Pilkada Buteng, Samahuddin Belum dapat Restu DPD – Kendari Pos
Politik

Tarung di Pilkada Buteng, Samahuddin Belum dapat Restu DPD

Samahuddin

KENDARIPOS.CO.ID — Petahana, Samahuddin telah mendapat dukungan kader Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PDIP Buton Tengah (Buteng) untuk kembali berlaga di Pilkada. Namun Samahuddin belum mendapat restu DPD PDIP Sultra.

Ketua DPD PDIP Sultra, Lukman Abunawas mengatakan, hingga saat ini pihaknya belum menentukan figur yang diusung untuk tampil di Pilkada Buteng. Alasannya “Banteng” masih menunggu penetapan jadwal penyelenggaraan Pilkada serentak, yang masih dibahas di DPR RI. Apakah digelar tahun 2022, 2023 atau 2024, sekalipun masa jabatan kepala daerah Buteng berakhir di tahun 2022.

Mantan Bupati Konawe dua periode itu menambahkan, saat ini RUU Pemilu masih dibahas oleh DPR RI. “Kita masih menunggu, apakah RUU Pilkada disahkan atau tidak. Sehingga kita bisa menetapkan langkah politik di pemilu terdekat,” ujar mantan Sekprov Sultra itu.

Menurutnya, ketika akhir masa jabatan (AMJ) Bupati dan Wali Kota di tahun 2022, maka idealnya pilkada digelar tahun itu juga. “Kalau masa jabatan gubernur dan wakil gubernur Sultra berakhir tahun 2023. Itu bersamaan dengan kepala daerah di Konawe, Kolaka serta Baubau. Tapi kita tidak tahu seperti apa putusannya nanti, “bebernya.

Lukman mengungkapkan walaupun Bupati Buteng Samahuddin menjabat sebagai Ketua DPC PDIP Buteng, namun belum tentu diusung oleh partai. Sebab arah dukungan PDIP merujuk pada eketabilitas, ketokohan dan kekuatan finansial.

“Walaupun Bupati nya sendiri Ketua DPC PDIP, bukan menjadi penentu akan diusung partai.
Bila elektabilitasnya dianggap kurang, yah kita tidak akomodir. Tetapi kalau bagus, kita akan dukung,” ungkap mantan Ketua KONI Sultra itu.

Selain itu, figur yang akan diusung PDIP, kata dia, harus memiliki komunikasi yang baik. Pada prinsipnya Banteng akan usung calon yang dianggap mempuni dan memiliki elektabilitas serta komunikasi yang baik demi kemajuan dan kepercayaan masyarakat terhadap figur-figur PDIP. (rah/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy