Tafdil “Menyulap” Bombana jadi Kabupaten Sangat Inovatif – Kendari Pos
Bombana

Tafdil “Menyulap” Bombana jadi Kabupaten Sangat Inovatif


KENDARIPOS.CO.ID — Bupati Bombana, Tafdil tidak melulu membangun infrastruktur. Pelayanan publik dipastikan terpenuhi. Beragam terobosan dilakukan sang bupati untuk memudahkan pelayanan masyarakat. Seabrek aplikasi berbasis digital hingga melahirkan mal pelayanan yang terpusat pada satu titik.

Dengan beragam terobosan yang diinisiasinya, Bupati Tafdil berhasil “menyulap” Bombana menjadi kabupaten yang sangat inovatif. Pengakuan itu datang langsung dari pemerintah pusat melalui menteri dalam negeri. Secara nasional, Kabupaten Bombana ditetapkan kategori sangat inovatif dengan skor indeks 2.343. Hal itu sesuai keputusan Mendagri tentang indeks inovasi daerah. Kabupaten Bombana berada diperingkat 72 dari 415 kabupaten di Indonesia.

Deretan inovasi Pemkab Bombana dalam kendali H.Tafdil adalah Jaringan Informasi Ibu Hamil dan Anak (Jamilah Gembira), e-BPHTP, Kendali Kinerja Virtual, Surat Elektornik (Surel), hingga aplikasi Smart City.

Bupati Bombana H. Tafdil mengapresiasi pengakuan dari negara melalui Kemendagri dan Kemenristek atas inovasi dan kinerja yang telah diterapkan. “Alhamdulillah, di awal tahun ini, Kabupaten Bombana diakui sebagai kabupaten sangat inovatif di Indonesia. Kabupaten Bombana berada diperingkat ke-72 dari seluruh kabupaten yang ada di Indonesia,”ujar Tafdil kepada Kendari Pos, kemarin.

Bupati Bombana dua periode itu menjelaskan keberhasilan Kabupaten Bombana hingga mendapat pengakuan dari negara merupakan hasil kerja seluruh pihak, baik dari pimpinan, jajaran Organisasi Perangkat Daerah (OPD) hingga seluruh masyarakat Bombana.

“Sejatinya, seluruh kinerja yang kita lakukan itu untuk kemajuan daerah dan masyarakat. Alhmadulillah, berkat inovasi ini masyarakat bisa merasakan manfaatnya, Pemda pun di apresiasi oleh pemerintah pusat. Intinya kita hanya senantiasa memberikan yang terbaik, biar masyarakat dan pemerintah pusat yang menilai,” tutur Bupati Bombana,Tafdil.

Sementara itu, Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Kabupaten Bombana, Anisa Sri Prihatin mengatakan, pengakuan dari pemerintah pusat sungguh luar biasa membanggakan bagi Pemkab dan masyarakat Bombana. Sebab, Kabupaten Bombana merupakan satu-satunya kabupaten di Sultra yang masuk sebagai kategori daerah sangat inovatif.

Menurut Annisa, pengakuan sebagai kabupaten sangat inovatif diraih karenakan berbagai inovasi telah dilakukan seluruh jajaran OPD di Pemkab Bombana yang terintegrasi dengan kecanggihan teknologi.

“Saat ini hampir seluruh OPD yang ada di Bombana memiliki beragam inovasi dalam pelayanan berbasis digital,” terangnya
.

Annisa menyebut, inovasi yang diterapkan Pemkab Bombana diantaranya aplikasi perizinan online bernama Online Singel Subsmission (OSS) di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM-PTSP), layanan Dinas Kominfo dengan aplikasi Smart City, hingga aplikasi yang diterapkan oleh Balitbang Bombana yang diberi nama aplikasi net litbang.

“Berbagai pelayanan yang berbasis digital ini merupakan upaya kita (Pemkab Bombana) dalam mendorong percepatan pembagunan daerah dan meningkatkan daya saing daerah,” kata Anisa Sri Prihatin.

Anisa megnklaim salah satu terobosan baru yang paling mendapat perhatian banyak pihak yakni hadirnya Mall Pelayanan Publik (MPP). Melalui MPP ini, masyarakat mendapatkan pelayanan terintegrasi. “MPP ini merupakan salah satu wujud nyata inovasi Pemkab Bombana. Berbagai kemudahan dirasakan oleh masyarakat Bombana, karena bisa mendapatkan suatu pelayanan dalam satu tempat,” pungkasnya. (idh/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy