Sulkarnain Kadir : Dalam Sepekan Semua Nakes Divaksin – Kendari Pos
Nasional

Sulkarnain Kadir : Dalam Sepekan Semua Nakes Divaksin

KENDARIPOS.CO.ID — Pro kontra vaksin Sinovac tak meruntuhkan proses vaksinasi. Pemprov Sultra, Pemkot Kendari dan Pemkab Konawe mencanangkan vaksinasi dari wilayah masing-masing, kemarin. Sejatinya, vaksin Sinovac meningkatkan kekebalan (imun) tubuh jika di “serang” virus bernama Covid-19. Ketika imun tubuh masyarakat kuat, diyakini Covid akan hengkang.

Wali Kota Kendari H. Sulkarnain Kadir (duduk) menjalani vaksinasi perdana Covid-19 di RSUD Kota Kendari, Kamis (14/1) kemarin

Wali Kota Kendari Sulkarnain Kadir memastikan vaksin sinovac aman diberikan kepada masyarakat. Sebab, vaksin Sinovac sudah melalui uji klinis Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), telah teregistrasi dan mendapat sertifikat halal dari Majelis Ulama Indonesia (MUI).

“Sehingga kita masyarakat yang awam terhadap keilmuannya mari kita percayakan kepada lembaga-lembaga ini. Karena tidak mungkin mereka mau menggadaikan kredibilitasnya apalagi menyangkut kesehatan masyarakat,” kata Wali Kota Kendari, Sulkarnain Kadir, usai menerima suntikan vaksin Sinovac di Gedung Private Medical Care Center (PMCC) RSUD Kota Kendari, Kamis (14/1) kemarin.

Keyakinan Sulkarnain akan efektifitas dan keamanan vaksin semakin tinggi setelah menerima langsung suntikan vaksin. Dia mengaku tak merasakan efek samping setelah divaksin. “Setelah disuntik (vaksin) saya rasa biasa saja. Bahkan seperti tidak ada rasanya. Saya juga tidak merasa pusing. Mungkin karena saya biasa donor darah. Atau mungkin karena jarumnya lebih kecil juga,” ungkapnya.

Wali Kota Kendari yang karib disapa Sul itu memastikan, terhitung 14 Januari 2021 vaksin akan diberikan kepada 4.000-an tenaga kesehatan (Nakes) di Kota Kendari. “Nanti akan diberikan secara bertahap dibeberapa fasilitas kesehatan. Tidak boleh bersamaan. Mereka (nakes) bertugas juga, jangan sampai mereka terganggu dalam memberikan pelayanan. Targetnya sepekan semua harus divaksin,” kata Sulkarnain Kadir.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Dinas Kesehatan Kota Kendari drg. Rahminingrum mengatakan, setelah vaksinasi terhadap 10 tokoh publik dan pemuka agama di Kota Kendari, selanjutnya akan dilakukan vaksinasi terhadap seluruh nakes di Kendari. Alasannya, nakes merupakan salah satu kelompok masyarakat yang rentan terpapar covid-19. Dia yakin dan percaya program vaksinasi ini berjalan dengan baik dan lancar. “Tenaga kami juga sudah siap. Disetiap puskesmas dan rumah sakit itu sudah ada tenaga vaksinatornya,” kata drg.Rahminingrum.

Jauh puluhan kilometer dari Kota Kendari, Bupati Konawe Kery Saiful Konggoasa memantau proses vaksinasi 10 perwakilan pejabat, tenaga medis dan pemuka agama. Penyuntikan perdana vaksin Sinovac berjalan lancar dan sejauh ini belum ada laporan adanya efek samping.

Bupati Konawe Kery Konggoasa mengatakan, vaksinasi bertujuan untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19. “Vaksin ini kan untuk meningkatkan sistem imun. Saya lihat semua prosesnya berjalan sesuai harapan kita semua. Aman dan tidak ada kendala,” ujarnya disela-sela penyuntikan vaksin perdana di Konawe, kemarin.

Bupati Kery Konggoasa mengaku dirinya bersedia disuntik vaksin. Hanya saja, punya riwayat tekanan darah tinggi sehingga urung masuk dalam kriteria penerima vaksin. “Kalau tinjauan medisnya kan begitu, saya tidak memenuhi syarat. Tapi meski tidak divaksin, saya berharap proses yang kita lakukan hari ini bisa mengedukasi masyarakat. Setidaknya, warga tak perlu takut untuk disuntik vaksin Covid-19,” terangnya.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Konawe, Mawar Taligana, menuturkan, sasaran berikutnya adalah tenaga kesehatan (nakes) se-Kabupaten Konawe. “Kita masih menunggu arahan dari pusat,” tuturnya.

Mawar Taligana menyebut, vaksin Sinovac diterima dari Pemprov Sultra sebanyak 3.600 dosis. Penyuntikan vaksin itu bakal dilakukan kepada 1.800 orang. “Satu orang mendapat dua dosis suntikan vaksin. Rentang waktu penyuntikan dosis pertama dan kedua itu berjarak 14 hari,” tambahnya. (ags/adi/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Most Popular

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy